kumparan
14 Mar 2018 17:37 WIB

Jangan Beri Es Krim pada Bayi di Bawah 1 Tahun

Es Krim. (Foto: Thinkstock)
Es krim, siapa yang tidak suka? Rasanya yang lezat dan berwarna-warni sangat menggoda untuk segera disantap.
ADVERTISEMENT
Tapi tahan untuk memberikannya pada bayi berusia di bawah satu tahun, Moms.
Menurut Australian Guide to Healthing Eating yang dikutip dari Mom Junction, bayi di bawah 1 tahun masih perlu dihindarkan dari berbagai sumber nutrisi buruk, dan salah satunya adalah es krim.
Sebaliknya, pada usia 12 bulan pertama adalah waktu terbaik agar bayi hanya diberikan sumber makanan yang bergizi serta kaya nutrisi.
Ilustrasi Balita Makan (Foto: Pixabay)
Es krim punya kandungan tinggi gula dan lemak, ini bisa menyebabkan bayi mengalami kegemukan. Selain itu, es krim memiliki kadar rendah nutrisi. Tingginya kandungan telur dapat menimbulkan reaksi alergi
Selain itu, es krim merupakan produk harian susu, sehingga tidak cocok dengan sistem pencernaan bayi yang belum sempurna. Ini bisa mengakibatkan masalah pencernaan pada bayi.
ADVERTISEMENT
Proses pengolahan es krim yang belum tentu terjaga kebersihannya dan atau menyimpan dengan cara yang salah juga menjadi ancaman tersendiri. Sebagai contoh, jenis bakteri Listeria bisa tinggal dan berkembang biak pada tempat penyimpanan es krim.
Bila saatnya sudah tiba, saat anak sudah berusia di atas satu tahun, adalah lebih baik olah es krim sendiri saja atau beli di tempat yang sudah dipastikan terjaga kualitasnya. Setuju, Moms?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan