kumparan
23 Feb 2018 11:24 WIB

Jenis Makanan untuk Kesehatan Gigi Anak

Kesehatan gigi anak (Foto: Thinkstock)
Anda pasti senang kalau si kecil doyan makan. Tak perlu berbagai jurus, semua makanan yang sudah Anda hidangkan dengan mudah dilahap si kecil.
ADVERTISEMENT
Tapi, tahukah Anda? Makanan yang dikonsumsi anak bisa memengaruhi kesehatan giginya lho.
Nyatanya, kesehatan gigi tidak hanya dijaga melalui rajin gosok gigi, tapi bergantung juga pada jenis makanan yang dikonsumsi.
Contohnya, karbohidrat yang merupakan sumber energi bagi tubuh, dan baik apabila dikonsumsi secukupnya saja. Tapi bila dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kerusakan gigi. Sumber karbohidrat misalnya terdapat pada nasi, kue, permen dan susu.
Jangan lantas berpikir untuk menahan-nahan asupan makan anak, Moms. Anak tetap bisa makan lahap, tanpa membuat giginya rusak.
Dirangkum kumparanMom (kumparan.com) berikut beberapa makanan lezat, sekaligus bisa menjaga kesehatan gigi si kecil:
1. Jeruk, Kiwi, dan Stroberi
Jeruk Mandarin (Foto: Thinkstock)
“Ada beberapa jenis bakteri di mulut anak, dan beberapa di antaranya dapat menyebabkan radang gusi, yang merupakan tahap pertama penyakit pada gusi,” kata Melvin Pierson, DDS, juru bicara Akademi Kedokteran Gigi Umum yang dikutip dari laman Parents.
ADVERTISEMENT
Vitamin C yang terkandung pada buah-buahan seperti jeruk, kiwi, melon, pepaya, dan stroberi dapat membantu membunuh bakteri tersebut, serta meningkatkan pasokan kolagen dalam gusi.
Meskipun tergolong sehat, jangan lupa menyikat gigi setelahnya. Para dokter menyarankan agar anak harus menunggu 30 menit sebelum menyikat gigi, sehabis konsumsi makanan yang mengandung asam.
Ini dikarenakan asam sitrat pada buah tersebut bisa melemahkan enamel gigi dan membuat gigi rentan terhadap erosi akibat disikat.
2. Susu, Yoghurt, dan Keju
Ilustrasi keju cheddar (Foto: Thinstock)
Menurut Ray J. Jurado, DDS, direktur kedokteran gigi anak-anak di Children's Memorial Hospital, di Chicago, ketika anak minum susu atau makan yoghurt dan keju, kandungan vitamin D dan fosfat di dalamnya dapat meningkatkan tingkat pH di mulut anak dan menurunkan kadar asam serta mengurangi risiko kerusakan gigi.
ADVERTISEMENT
3. Wortel, Seledri, Kembang kol, dan Kacang Polong
Olahan wortel (Foto: Thinkstock)
Sayuran hampir tidak pernah salah khasiatnya demi kesehatan tubuh, termasuk gigi. Sayuran tersebut memiliki kandungan yang bisa membersihkan gigi dan gusi secara alami, dan mencegah timbulnya karang gigi pada anak.
“Ketika mengonsumsi jenis sayuran itu secara tidak langsung sedang mengikis plak pada gigi dan mencegah tumbuhnya karang gigi,” ujar Jimmy Wu, dokter gigi dari San Diego.
4. Kacang-kacangan
Kacang (Foto: Pixabay)
“Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung lemak alami yang dapat melapisi gigi dan membantu melindungi bakteri,” kata Dr. Wu.
Minyak biji membantu menguatkan enamel, mencegah gigi berlubang, dan kebanyakan biji juga mengandung kalsium.
5. Hindari Makanan Manis dan Lengket
Ilustrasi permen lolipop (Foto: Thinkstock)
Tentu saja anak boleh mengonsumsi makanan manis, karena sebenarnya tubuh juga memerlukan kandungan gula sebagai sumber energi.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman WebMD, makanan manis dan lengket seperti caramel atau permen gulali, lolipop sebaiknya dihindari karena kandungan gulanya bisa menempel pada gigi, dan sangat sulit untuk membersihkannya.
Kandungan gula yang menempel terlalu lama pada gigi, bisa buat gigi anak jadi berlubang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan