kumparan
23 Sep 2019 9:13 WIB

Kabar Gembira, Moms: Jalur Layang Jakarta-Cikampek Siap Beroperasi!

Jalan tol layang Jakarta-Cikampek siap dioperasikan pada November 2019. Foto: Dok. Kementerian PUPR
Perjalanan Anda dari Jakarta menuju Bekasi atau ke Bandung kini bisa lebih cepat, Moms! Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan Tol Layang Jakarta-Cikampek siap beroperasi November 2019.
ADVERTISEMENT
"Pada 23 September 2019 akan dimulai uji beban sehingga kita rencanakan pada November 2019, Insya Allah bisa operasional," katanya saat meninjau lokasi pembangunan Tol Layang Jakarta-Cikampek di KM 13, Kamis (19/9).
Menteri Basuki mengatakan, selesainya tol ini sudah sangat ditunggu oleh masyarakat. Selain ke Bandung, pasalnya proyek jalan tol ini bisa membuat perjalanan ke Cirebon, Semarang dan Surabaya lebih cepat.
Jalan tol layang Jakarta-Cikampek siap dioperasikan pada November 2019. Foto: Dok. Kementerian PUPR
Ya Moms, adanya Tol Layang Jakarta-Cikampek akan menambah kapasitas Tol Jakarta-Cikampek yang ada dibawahnya. Selain itu, juga memisahkan kendaraan jarak pendek dengan arus lalin jarak jauh. Kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Jakarta-Cikampek, sementara kendaraan tujuan jarak jauh menggunakan Tol Layang Jakarta-Cikampek.
Rampungnya jalur layang, juga diharapkan akan menunjang kelancaran mobilitas angkutan logistik dari Pelabuhan Tanjung Priok ke kawasan industri di Cikarang, Karawang dan Cibitung maupun ke arah Bandung dan Tol Trans Jawa.
Konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated). Foto: Dok. Jasa Marga
Mengutip data Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPJT), kepadatan kendaraan di Jalan Tol Jakarta Cikampek selama ini mencapai 1,05 persen. Artinya ada kelebihan jumlah kendaraan sebesar 0,05 persen terhadap kapasitas maksimal jalan tol tersebut. Tak mengherankan jika laju kendaraan di jalan yang semestinya bebas hambatan itu, rata-rata hanya 28,3 kilometer (km) per jam.
ADVERTISEMENT
Angka itu, jauh di bawah batas kecepatan minimal jalan tol yakni 60 km per jam. Semoga saja, dengan dioperasikannya Tol Layang Jakarta-Cikampek, Anda dan keluarga bisa lebih cepat sampai ke tempat tujuan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan