Pencarian populer

Kenapa Asupan Zat Besi Penting untuk Bayi Merangkak?

5 hal yang membuat bayi malas merangkak (Foto: Shutterstock)

Setiap anak membutuhkan makanan yang sehat untuk menunjang tumbuh kembangnya agar optimal, termasuk saat si kecil masuk dalam fase bayi merangkak. Umumnya, di usia 6-7 bulan sudah bisa mengangkat badan dan bokongnya dengan kedua tangan dan kaki sebagai penopang. Pada umur itu juga, anak sudah diperkenalkan dengan makanan padat atau makanan pendampin ASI (MPASI).

Salah satu asupan yang penting untuk tahapan bayi merangkak adalah zat besi dan zinc. Zat besi sangat berguna untuk pembentukan energi dalam sel, sedangkan zinc untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain bermanfaat untuk pembentukan energi, zat besi juga punya peran penting untuk menunjang kinerja otot pada bayi merangkak.

Zat besi sendiri merupakan unsur penting yang ada pada otot berupa mioglobin. Mioglobin berfungsi untuk mengangkut oksigen dari hemoglobin dan berdifusi ke seluruh sel-sel otot. Tanpa zat besi, otot akan kehilangan kekuatan dan elastisitasnya, Moms.

Mengutip laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kekurangan zat besi dapat berdampak negatif ke kecerdasan, perilaku, dan kemampuan motorik anak. Anemia defisiensi besi pada anak di bawah usia 2 tahun bahkan bisa menyebabkan anak menjadi lambat dalam merespons, lebih iritabel dan sulit mengendalikan diri.

Bayi merangkak di matras yang menarik (Foto: Shutterstock)

Anda bisa memberikan si kecil makanan yang kaya zat besi, seperti daging merah dan hati ayam yang sudah dicampurkan ke dalam bubur bayi. Jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang merah, kacang kapri dan kacang almond juga merupakan jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan zat besi tinggi. Kacang memiliki antioksidan yang tinggi yang bisa meningkatkan suplai oksigen ke jantung.

Selain itu sayuran hijau seperti bayam juga menjadi makanan yang kaya akan zat besi. Bayam juga mengandung kalori yang rendah, sehingga bisa mengontrol anak yang kelebihan berat badan.

Menurut American Pediatrics Academy, besi adalah nutrisi penting yang memberi kita energi dengan membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jadi sangat penting bagi bayi merangkak untuk mendapatkan asupan zat besi yang cukup untuk tubuhnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23