Pencarian populer

Lancar Menyusui Meski Berpuasa? Moms, Begini Caranya!

Ada cara agar dapat lancar menyusui selama berpuasa Foto: Shutterstock
Agama dan spiritualitas adalah masalah yang sangat pribadi, begitu juga pilihan Anda untuk tetap menyusui meski berpuasa. Meski agama memberi kemudahan, banyak ibu menyusui yang merasa berat hati untuk meninggalkan puasa Ramadhan. Tetapi tak sedikit juga yang bimbang, apakah dengan berpuasa bisa tetap lancar menyusui?
ADVERTISEMENT
Jika itu adalah pertanyaan yang mengganggu Anda, tenang, Moms! Ada kok, caranya. Yuk simak hingga habis artikel ini.
Ilustrasi berbagai jenis makanan Foto: dok.istimewa
  1. Perhatikan Asupan
Pastikan Anda memerhatikan betul apa-apa yang Anda makan ketika sahur, berbuka dan pada malam hari. Untuk bisa tetap memberi bayi ASI dengan lancar, asupan ibu menyusui harus baik dan memenuhi gizi seimbang. Bila perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi mengenai hal ini.
  1. Banyak-banyak Minum
Menyusui bisa membuat Anda haus. Jadi, pastikan Anda mendapat cukup cairan ketika sahur, berbuka dan pada malam hari. Lupakan anjuran minum 8 gelas, Moms! Coba saja minum lebih banyak dan sebanyak yang Anda bisa.
  1. Tunda Pekerjaan Berat
Jika memungkinkan, cobalah untuk menunda pekerjaan yang membutuhkan banyak energi selama berpuasa. Ingat, Anda harus menghematnya karena menyusui juga akan mengurasa banyak energi di tubuh Anda.
Menyusui bisa turunkan risiko sang ibu terkena stroke. Foto: Shutterstock
  1. Beristirahat Sebanyak Mungkin
ADVERTISEMENT
Karena menyusui menguras tenaga, ibu perlu beristirahat cukup -apalagi bila tengah berpuasa. Jadi, istirahatlah setiap kali Anda bisa untuk menjaga stamina.
  1. Awasi Bayi Anda
Ada kemungkinan kecil, bayi Anda mendapatkan lebih sedikit ASI saat Anda berpuasa. Jadi awasi terus si kecil ya, Moms. Amati apakah selama Anda berpuasa, frekuensi dan jumlah air kencing bayi berkurang, tinjanya kehijauan, atau ada penurunan berat badan maupun hal-hal lain yang meresahkan. Bila ada salah satu saja dari hal-hal tersebut terjadi, segera bicarakan kembali niat Anda berpuasa sambil tetap menyusui dengan bidan atau dokter.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85