kumparan
21 Mar 2019 17:16 WIB

Langkah Mudah Membersihkan Lidah Bayi

Ilustrasi lidah bayi. Foto: Shutterstock
Rutin menjaga kebersihan mulut bayi harus dilakukan, bahkan sejak giginya belum tumbuh. Ingat Moms, mulut adalah tempat yang disukai bakteri untuk berkembang, termasuk pada bagian lidah.
ADVERTISEMENT
Ya, lidah termasuk bagian mulut yang seringkali terlupakan untuk dibersihkan. Padahal lidah bayi pun penting untuk dibersihkan secara berkala Moms. Jika tidak, risiko untuk terkena infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dalam mulut akan meningkat.
Sama halnya dengan orang dewasa, mulut bayi pun bisa mengeluarkan bau tidak sedap. Terutama bila banyak sisa ASI, susu atau makanan yang tertinggal di lidah. Anda tidak mau si kecil mengalaminya kan?
Ilustrasi lidah bayi. Foto: Shutterstock
Berikut langkah mudah membersihkan lidah bayi di bawah usia 1 tahun:
1. Cuci bersih tangan Anda. Siapkan air hangat suam-suam kuku di dalam mangkuk.
2. Ambilah kasa steril secukupnya lalu balutkan pada jari telunjuk Anda. Basahi dengan air hangat. Kain kasa juga bisa diganti dengan finger cloth yang didesain khusus untuk membersihkan lidah bayi. Alat ini bisa Anda temukan di toko bayi atau apotek, Moms.
ADVERTISEMENT
3. Buka mulut bayi Anda perlahan dan masukkan jari telunjuk Anda untuk membersihkan lidahnya.
4. Lakukan gerakan melingkar pada lidah si kecil. Pastikan sisa makanan dan sisa susu terangkat dari lidahnya.
5. Setelah selesai, pijat lembut gigi, gusi, dan pipi bayi bagian dalam pada mulut bayi.
6. Jika menurut Anda banyak sisa makanan tersisa yang tak bisa dijangkau jari Anda, boleh saja menggunakan pembersih gusi atau gum cleaner khusus untuk bayi. Namun hindari produk dengan fluoride atau berdeterjen karena berbahaya jika tertelan. Ya, bayi berusia 1 tahun ke bawah belum bisa berkumur, Moms.
7. Bersihkan lidah bayi setidaknya sekali dalam sehari, terutama setiap habis makan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan