kumparan
3 Jul 2019 8:53 WIB

Lebih Baik Mana, Talenan Plastik atau Kayu untuk Dipakai Sehari-hari?

Talenan. Foto: Shutter Stock
Saat hendak memotong aneka bahan makanan, biasanya Anda menggunakan talenan yang terbuat dari kayu atau plastik, Moms?
ADVERTISEMENT
Kedua bahan untuk talenan ini memang lazim ditemui di pasaran. Tapi seperti bubur diaduk dan tidak diaduk, keduanya punya pengguna setia. Tentu saja, pendapat mereka juga berbeda.
Pengguna talenan kayu menganggap talenan plastik tidak sehat. Pengguna talenan plastik, percaya sebaliknya. Siapa yang benar dan talenan mana yang sebaiknya digunakan bila mempertimbangkan sisi kesehatan?
Ilustrasi talenan kayu. Foto: Shutter Stock
Jurnal Decontamination of Plastic and Wooden Cutting Boards for Kitchen Use, mengungkap, talenan kayu justru mengandung lebih sedikit bakteri, terutama salmonella dan E.Colli.
Itu karena bakteri yang berada di permukaan talenan kayu, akan terjebak di dalam pori-pori kayu lalu mati, Moms. Bagaimana dengan talenan plastik? Meski mudah dibersihkan, justru bakteri yang masih tertinggal di permukaan akan lebih mudah berkembang.
Ilustrasi membersihkan talenan Foto: Shutterstock
Tapi pengguna talenan plastik tak perlu berkecil hati, mengingat bentuk talenan plastik yang tersedia dalam aneka warna serta adapula bentuk yang lucu-lucu. Bila Anda tetap ingin menggunakannya, perhatikan cara membersihkan dan menyimpannya, agar tetap aman digunakan.
ADVERTISEMENT
US Department of Agriculture menganjurkan agar Anda langsung membersihkan talenan menggunakan sabun antibakteri dan air panas sesaat setelah dipakai, Moms. Setelah itu, keringkan dengan lap atau tisu bersih, supaya airnya terserap.
Menggunakan bahan-bahan alami yang punya sifat antibakteri juga bisa. Misalnya, dengan air lemon atau baking soda. Selain membunuh bakteri, kedua bahan itu juga bermanfaat untuk membersihkan noda dan menghilangkan bau tak sedap.
Ilustrasi talenan plastik Foto: Shutter Stock
Daripada bingung di antara keduanya, coba saja untuk memiliki keduanya. Pasalnya jurnal NC State University (2014) menjelaskan, dua jenis talenan ini punya fungsi yang berbeda.
Talenan plastik cocok digunakan untuk memotong daging segar atau seafood. Sedangkan, talenan kayu sebaiknya digunakan untuk memotong makanan yang lebih tahan terhadap bakteri; seperti sayur, buah, roti, atau keju.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·