Pencarian populer

Lebih Baik Mana: Tidur Miring Kiri atau Kanan saat Hamil?

ibu hamil tidur dengan posisi miring Foto: Shutterstock

Selama hamil, wajar bila Anda cenderung merasa cepat lelah lantas mengantuk. Tapi yang mungkin jadi masalah justru soal menemukan posisi tidur yang tepat seiring perut yang membuncit. Posisi seperti apa ya yang paling baik?

Anda perlu tahu Moms, para ahli menyarankan ibu hamil tidur dengan posisi menyamping dan bukannya telentang, apalagi telungkup.

Sejak kandungan berusia 5 bulan, Web MD melansir, posisi telentang tidak disarankan karena memberi tekanan ekstra pada aorta atau pembuluh darah arteri terbesar dan vena cava (vena utama yang membawa darah yang banyak mengandung karbondioksida), sehingga membuat darah mengalir ke rahim dan membawanya kembali ke jantung dari kaki. Tekanan ini bisa memperlambat sirkulasi darah ke tubuh Anda dan janin.

ibu hamil Foto: Shutterstock

Tidur telentang juga membuat ibu hamil lebih sulit bernapas, dan karena menekan usus maka lebih mungkin mengalami masalah pada perut.

Sementara bila posisi telungkup atau tengkurap, Anda akan memberi tekanan pada perut dan dada. Bila Anda biasa tidur dengan posisi ini, saat hamil Anda masih bisa melakukannya ketika usia kandungan pada trimester 1 atau awal trimester dua, saat perut belum terlalu menonjol.

Sementara pada trimester 3, Anda mungkin mulai merasa posisi menyampinglah yang membuat nyaman. Nah, lebih baik miring ke kanan atau kiri ya, Moms?

Posisi tidur menyamping ibu hamil. Foto: Shutter Stock

Laman Web MD dan American Pregnancy Association menyebut, posisi menyamping ke kiri adalah yang tepat bagi ibu hamil. Alasannya dapat meningkatkan sirkulasi darah, memberi darah yang penuh nutrisi lewat rute yang lebih mudah yaitu dari jantung Anda ke plasenta, saat memberi makan bayi.

Posisi ini juga tak akan menekan hati terlalu keras. Bahkan laman What To Expect menyebut, posisi tidur terbaik saat Anda hamil sejak melalui trimester satu adalah menyamping ke kiri, demi mendukung sirkulasi yang optimal.

Lalu bagaimana dengan menyamping ke kanan? Menurut Dr. Grace Pien, asisten profesor kedokteran di John Hopkins University School of Medicine, AS, seperti dikutip dari Live Science, belum ada penelitian yang menunjukkan tidur menyamping ke kanan tak lebih baik daripada ke kiri bagi ibu hamil.

Karenanya, sesekali Anda boleh saja tidur berganti-ganti posisi dari kiri ke kanan. Namun umumnya, posisi kiri bagi sebagian orang dapat membuat lebih nyaman.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: