kumparan
11 Mei 2018 10:37 WIB

Manfaat Bisa Bermain Gitar untuk Anak

Ilustrasi gitar (Foto: Thinkstock)
Gitar menjadi salah satu alat musik yang paling populer di berbagai negara, tak terkecuali di Indonesia. Belajar gitar sebenarnya tidak sulit jika Anda benar-benar serius dan mendalaminya.
ADVERTISEMENT
Belajar bermain gitar bisa dimulai sejak anak-anak. Idealnya, anak belajar bermain gitar saat usianya tujuh atau delapan tahun. Mengapa? Karena jika dilakukan sebelum usia tersebut, biasanya tangan anak masih terlalu kecil untuk memetik senar dan justru membuatnya sulit belajar bermain gitar.
Belajar bermain gitar dapat mendatangkan banyak manfaat untuk anak, seperti dikutip laman Superprof berikut ini:
1. Melatih Konsentrasi
Belajar bermain gitar membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Untuk bisa lancar bermain gitar, anak harus fokus dalam memetik setiap senar serta membaca not musik.
2. Meningkatkan Fungsi Otak
Bermain gitar bisa membuat fungsi otak anak jadi berkembang. Pasalnya, mereka akan berusaha mengingat nada yang harus dimainkan.
3. Menghilangkan Stres
Percaya atau tidak, nada dan suara yang dihasilkan oleh gitar bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres dalam diri manusia. Anak yang bisa bermain gitar dapat meluapkan emosinya lebih positif melalui petikan senar pada gitar.
ADVERTISEMENT
4. Membantu Anak Lebih Disiplin
Belajar bermain gitar juga membantu meningkatkan disiplin diri anak. Untuk memainkan alat musik dengan baik, si kecil harus menghabiskan banyak waktu berlatih akord, riff, dan lain-lain.
Disiplin saat belajar bermain gitar, diharapkan mampu membiasakan anak untuk juga disiplin dalam menjalani setiap aspek di kehidupannya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan