Pencarian populer

Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Keluarga

Ilustrasi susu kedelai. (Foto: Pixabay)

Susu kedelai merupakan salah satu susu yang dapat dijadikan alternatif oleh para ibu yang anaknya alergi terhadap protein susu sapi. Susu kedelai sendiri mengandung protein, lemak dan karbohidrat yang baik untuk tubuh anak.

Nah, tak hanya untuk anak, susu kedelai juga baik untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Dilansir dari Live Strong, Journal of Perital Education (2003) menyebut, peneliti menemukan susu kedelai kaya akan kandungan vitamin D dan asam lemak omega 3.

Dengan begitu, susu kedelai bisa menjadi alternatif sehat bagi ibu hamil yang memiliki sedikit akses untuk terpapar sinar matahari. Susu kedelai juga direkomendasikan sebagai sumber protein dan lemak nabati yang baik untuk para vegetarian.

Lalu, apa lagi manfaat susu kedelai untuk kesehatan keluarga?

Baik untuk Pencernaan Keluarga

Gangguan Saluran Pencernaan (Foto: Thinkstock)

Susu kedelai mengandung banyak serat yang sangat penting untuk kelancaran sistem pencernaan anak dan anggota keluarga lainnya. Mengkonsumsi kacang kedelai juga bisa mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh, Moms.

Anda bisa mencampurkan susu kedelai dengan berbagai macam buah dan sayur untuk camilan si kecil.

Antioksidan yang Baik untuk Anak

Ilustrasi anak minum susu (Foto: Thinkstock)

Susu kedelai mengandung antioksidan yang disebut sebagai senyawa isoflavoin yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh dengan cara mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Meningkatkan Energi untuk Ibu Menyusui

ASI adalah Vaskin Pertama Bayi (Foto: Thinkstock)

Jika Anda adalah ibu menyusui, makan rajin mengkonsumsi susu kedelai baik untuk tubuh. Umumnya, seorang ibu yang sedang aktif menyusui akan merasa cepat lelah. Apalagi jika Anda adalah ibu bekerja yang juga harus memenuhi kebutuhan ASI perah bayi. Aktivitas tersebut tentu akan menguras energi Anda. Nah, untuk mengembalikan energi yang hilang, kacang kedelai bisa menjadi sumber energi yang tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui. Di dalam susu kedelai, terkandung karbohidrat dan lemak yang akan diolah menjadi energi oleh tubuh. Energi akan membantu ibu menyusui agar selalu fit beraktivitas meski sedang menyusui si kecil.

Meningkatkan Suasana Hati

Ilustrasi Olahraga Keluarga (Foto: Thinkstock)

Secangkir susu kedelai mengandung 5,8 persen vitamin B6 yang bisa membantu tubuh memproduksi serotonin neurokimia yang bisa meningkatkan suasana hati seseorang. Selain itu, susu kedelai juga mengandung magnesium yang dipercaya sebagai zat antidepresan alami. '

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: