Pencarian populer

Mau Kirim Bantuan ke Palu dan Donggala? Bisa Lewat 7 Lembaga Ini!

Polisi mengamankan aktivitas bongkar muat bantuan makanan untuk korban gempa dan tsunami Palu serta Donggala di Pelabuhan Kelas-III Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). (Foto: ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Gempa di Donggala dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, yang mengguncang pada Jumat (28/9) masih menyisakan trauma mendalam bagi warga yang terdampak. Hingga kemarin (30/9) jumlah korban meninggal dunia yang tercatat mencapai 1.203 orang. Diperkirakan ada sekitar 18 ribu pengungsi di 324 lokasi.

Dalam kondisi darurat seperti itu, bantuan Anda jelas dibutuhkan oleh para pengungsi di mana. Bantuan seperti bahan makanan, selimut, obat-obatan, sangat mendesak mereka perlukan, Moms.

Nah, jika ingin membantu namun bingung bagaimana harus mengirimnya, Anda bisa menyalurkan bantuan lewat lembaga-lembaga berikut:

1. Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan sejak 2012 ini dikenal dengan program tanggap darurat dan program pemulihan pascabencana. Kegiatannya didukung oleh donatur publik maupun perusahaan.

Tim ACT juga turun langsung ke Palu dan Donggala untuk membantu penyelamatan korban di lokasi. ACT menyalurkan bantuan berupa donasi uang yang bisa Anda tujukan ke rekening yang ditunjuk. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi careline 021-29406565 atau akun Instagram @actforhumanity.

ACT kirim sejumlah tim ke Palu (Foto: Dok. ACT)

2. Dompet Dhuafa

Yayasan Dompet Dhuafa juga menurunkan tim relawan dan tim medis langsung ke Palu dan Donggala. Menurut situs resminya dijelaskan, tim Dompet Dhuafa akan berfokus dalam mendirikan posko kebencanaan, membantu evakuasi, mendata kebutuhan di lapangan, dan memberikan pelayanan medis.

Lewat program Love Sulawesi, Dompet Dhuafa membuka donasi uang untuk meringankan korban. Donasi bisa dikirimkan lewat rekening Bank BNI Syariah, BCA, dan Mandiri. Anda bisa menelpon hotline 021-7416050 atau akun Instagram @dompet_dhuafa.

3. Wahana Visi Indonesia (WVI)

Yayasan sosial dan kemanusiaan yang berdiri sejak 1998 dikenal dengan program pengembangan masyarakat yang berfokus pada anak. WVI telah bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) untuk mengevakuasi warga di Palu dan Donggala.

Selain beraksi langsung, WVI juga membuka kantong donasi yang bisa dikirimkan lewat rekening BCA. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengecek akun Instagram @wahanavisi_id.

Warga korban gempa dan tsunami memadati Bandara Mutiara Sis Al Jufri untuk mengungsi ke provinsi lain di Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

4. Sekolah Relawan

Lembaga kemanusiaan yang berdiri pada 2013 ini fokus pada edukasi kerelawanan dan pemberdayaan masyarakat. Sekolah Relawan memastikan para volunteer yang terjun ke lapangan mempunyai keterampilan teknis dan wawasan yang memadai.

Sekolah Relawan membuka donasi untuk Gempa Palu & Donggala untuk memenuhi kebutuhan darurat seperti makanan cepat saji, selimut, perlengkapan jenazah, obat-obatan, popok, dan alat medis. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa klik akun Instagram @sekolahrelawan

5. Yayasan Sayangi Tunas Cilik

Yayasan Sayangi Tunas Cilik sebagai mitra dari lembaga internasional Save The Children juga tak absen dalam menggalang dana untuk gempa Palu. Yayasan yang berfokus pada pengembangan kualitas hidup anak-anak itu menggandeng tcash untuk memudahkan masyarakat berdonasi.

Selain donasi uang, Yayasan Sayangi Tunas Cilik juga membuka posisi relawan untuk membantu proses penyelamatan di Palu. Info lebih lengkap klik Instagram @savechildren_id

6. Permias

Melalui platform galang dana digital Go Fund Me, Permias (Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat) Nasional juga menginisiasi bantuan untuk gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Kampanye ini mereka namakan Pray for Palu dengan target USD 8000 atau sekitar Rp 119 juta. Permias Nasional juga akan bekerjasama dengan organisasi lokal untuk membantu langsung proses evakuasi di lokasi.

7. kumparan.com

Selain menyajikan berita terkini tentang bencana di Sulawesi Tengah, kumparan juga menggalang dana untuk membantu para korban. kumparan berkolaborasi dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) untuk menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam di Palu. IZI merupakan satu-satunya lembaga amal zakat nasional yang punya kantor cabang di Palu. Bila Anda ingin ikut menyalurkan bantuan lewat kumparan, Anda bisa mengaksesnya di sini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23