kumparan
13 Des 2017 16:20 WIB

Minuman yang Sebaiknya Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Ibu Hamil (Foto: Thinkstock )
Makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu pada masa kehamilan akan memiliki dampak besar pada perkembangan bayi. Hal yang paling penting dari keduanya adalah cairan yang masuk ke dalam tubuhnya.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman Mom Junction, ibu hamil cenderung mengalami kesulitan untuk mengonsumsi makanan selama kehamilan karena rasa mual dan lebih banyak minum. Tidak semua minuman yang biasa dikonsumsi aman untuk diserap dan menjadi asupan bayi di dalam kandungan.
Cairan yang diminum tidak hanya berguna untuk melepaskan dahaga si ibu, tapi harus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi. Menurut laman Boldsky, asupan cairan harus memiliki nutrisi yang lengkap guna mendukung tumbuh kembang bayi.
Lalu, apa saja minuman yang sehat untuk dikonsumsi pada masa kehamilan? Berikut catatan yang dirangkum kumparan (kumparan.com) mengenai beberapa minuman yang cocok selama masa kehamilan:
1. Air
Air (Foto: Pexels)
Air putih merupakan salah satu kandungan terpenting untuk tubuh, baik saat kamu hamil maupun tidak. Selama masa kehamilan, kebutuhan air dalam tubuh cenderung meningkat.
ADVERTISEMENT
H2O sangat penting untuk kesehatan sel darah Anda. Anda juga membutuhkan air untuk mencegah dehidrasi, yang dapat menyebabkan persalinan prematur pada beberapa wanita.
2. Air Kelapa
Air Kelapa (Foto: Thinkstock)
Selain air putih, air kelapa juga buat cairan dalam tubuh selama masa kehamilan. Air kelapa adalah minuman isotonik alami yang bermanfaat untuk mengisi kembali kandungan garam alami dalam tubuh. Jadi kapan pun Anda merasa haus, jangan lupa untuk meminum air kelapa ya Mom!
3. Air Lemon
Air Lemon (Foto: Pexels)
Siapa yang tidak suka dengan segelas air lemon dingin? Meminum segelas air lemon setiap harinya, bisa bantu kamu terhidrasi setiap saat. Vitamin C yang terkandung dalam air lemon bisa mengatasi masalah morning sickness.
Vitamin C dalam lemon juga membantu menyerap kandungan zat besi dengan cara yang lebih efektif.
ADVERTISEMENT
4. Susu
Susu (Foto: Pexels)
Segelas susu sehari bisa membantu Anda tetap sehat dan bugar. Hal ini berlaku tidak hanya selama kehamilan tapi juga sepanjang hidup Anda. Susu juga membantu agar Anda tetap terhidrasi dan merasa hangat selama masa kehamilan.
Anda bisa mencoba minuman berbasis susu lainnya seperti smoothies atau milkshake dan buttermilk. Semua minuman ini penuh dengan kalsium, protein, dan vitamin B12 yang semuanya penting selama kehamilan dan untuk pertumbuhan bayi Anda yang belum lahir
5. Jus Segar
Jus (Foto: Pexels)
Buah memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan kita. Jus buah memiliki nutrisi yang penting bagi tubuh selama masa kehamilan. Kandungan nutrisi seperti Vitamin A dan C bisa Anda dapatkan setiap hari jika mengonsumsi jus secara rutin.
ADVERTISEMENT
6. Es Teh
Ice Tea (Foto: Pexels)
Siapa bilang ibi hamil tidak boleh meminum es teh? Es teh adalah minuman yang menenangkan untuk ibu hamil. Segelas es teh dapat menjadi obat herbal yang bisa meredakan morning sickness.
Namun, pastikan bahwa jumlah asupan kafein dalam megonsumsi es teh hanya dalam batas yang diperbolehkan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan