Pencarian populer

Moms, Jangan Lupa 5 Hal Ini saat Memilih Baju Lebaran Anak

ilustrasi anak merayakan lebaran Foto: Shutterstock

Memakai baju baru atau baju Lebaran memang sudah jadi tradisi untuk banyak keluarga. Apakah keluarga Anda juga, Moms? Bila memang ada dananya, tentu sah-sah saja.

Tapi memilih baju lebaran untuk keluarga, apalagi untuk anak, juga harus cermat lho! Ya Moms, memilih baju untuk anak tidak hanya sekadar bagus atau keren saja. Agar si kecil tetap nyaman dan berbagai acara yang dilalui selama Lebaran berjalan lancar, berikut 5 hal yang perlu kita ingat:

Pertimbangkan dulu acaranya

Setiap keluarga bisa saja punya acara Lebaran yang berbeda. Ada yang menjadi tuan rumah dan dikunjungi banyak saudara, ada yang berkumpul seharian di rumah orang tua, berkunjung ke beberapa rumah kerabat sekaligus, atau ada juga yang janjian bersilaturahmi dengan keluarga besar di restoran, hotel atau gedung serbaguna.

Nah, pertimbangkan dulu acara Lebaran yang akan dijalani keluarga Anda sebelum membeli baju untuk anak, Moms.

Ilustrasi silaturahmi saat Lebaran Foto: Shutterstock

Bila anak akan ikut jadi tuan rumah misalnya, siapkan baju yang cukup manis tapi tetap nyaman untuk dipakai di rumah dan tidak berkesan berlebihan. Bila akan berkunjung ke banyak tempat (apalagi bila menggunakan kendaraan umum misalnya), pilih baju yang praktis seperti atasan dan celana, dengan bahan yang ringan, tidak panas dan bisa menyerap keringat, seperti katun.

Sementara untuk acara di restoran, hotel atau gedung serbaguna mungkin Anda bisa memilih gaun atau baju yang lebih istimewa.

Tidak membatasi gerak

Pilihlah model baju yang sederhana dan pastikan anak dapat tetap mudah bergerak ketika memakainya. Saat bertemu saudara-saudaranya, si kecil tentunya akan banyak bergerak kan?

Selain agar mudah bergerak, model baju yang sederhana juga berguna untuk menghindarkan anak dari beragam bahaya. Seperti, risiko tersandung, tersangkut atau terlilit. Ini bisa terjadi bila baju yang dipakai anak terlalu panjang hingga menyentuh lantai misalnya.

pilih baju lebaran anak dengan bahan yang menyerap keringat Foto: Shutterstock

Tidak mudah kusut

Karena anak banyak bergerak, bila memungkinkan pilihlah pakaian yang bahannya tidak mudah kusut. Dengan begitu, meski dipakai seharian, si kecil akan tampak rapi selalu saat Lebaran.

Hindari warna putih

Warna putih memang bagus untuk momen Lebaran, tapi warna ini juga rentan kotor, Moms! Bila tahu anak akan banyak bermain atau mencoba berbagai makanan selama hari Lebaran, sebaiknya hindari warna ini. Kecuali bila Anda sudah menyiapkan baju ganti untuknya.

Ilustrasi anak muslim Foto: Shutterstock

Mudah digunakan

Perhatikan juga apakah baju yang Anda pilih mudah digunakan maupun dilepas. Ini bisa menghemat waktu Anda saat bersiap di pagi hari sekaligus mencegah kerepotan saat anak ingin buang air kecil atau harus ganti baju.

Mudah dipadankan

Bila hendak membeli beberapa baju Lebaran untuk anak, coba pilih yang satu sama lain bisa dipadankan. Ini akan memudahkan Anda bila hendak mengganti baju anak di tengah kegiatan. Bila atasannya sudah terlalu berkeringat atau kotor karena terkena makanan misalnya, Anda tidak perlu mengganti bawahannya karena ada baju ganti yang tetap serasi.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.41