Pencarian populer

Mulut Terasa Asam dan Pahit? Bisa Jadi Tanda Anda Hamil!

Mulut terasa asam termasuk tanda hamil (Foto: Thinkstock)

Tanda hamil yang dialami calon ibu seringnya tidak nyaman dan mengganggu. Tak jarang bahkan mengubah selera makan. Hal ini tentu menyebalkan karena Anda harus menjaga pola makan sehat demi tumbuh kembang janin.

Banyak faktor yang membuat selera makan Anda berubah. Mulai dari perubahan suasana hati, cemas atau takut berlebihan tentang hal-hal seputar kehamilan yang membuat makanan tak lagi terasa nikmat.

Namun ternyata ada perubahan fisik yang memang membuat Anda kehilangan selera makan. Dilansir What to Expect,sekitar 93 persen ibu hamil melaporkan mulutnya terasa asam dan pahit. Bahkan seperti ada rasa logam di dalam mulutnya.

Benarkah itu tanda hamil yang normal terjadi, Moms?

Ya, perubahan pada indra pengecap ibu hamil biasanya terjadi pada trimester pertama. Sebagian ibu hamil merasa lidahnya selalu asam bahkan ketika tidak makan apa-apa. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dysgeusia.

Dysgeusia terjadi karena aktivitas hormon selama kehamilan. Level hormon estrogen yang meningkat rupanya berperan dalam mengontrol indera perasa kita.

Hormon estrogen juga membuat indera penciuman ibu hamil jadi lebih tajam. Sensitivitas hidung Anda lah yang menimbulkan rasa logam pada lidah.

Seperti yang kita tahu indra perasa dan indera penciuman berkaitan erat. Ketika hidung terlalu sensitif, Anda jadi mudah mual. Hal ini pun turut menurunkan selera makan.

Gara-gara dysgeusia, ibu hamil pun jadi tak begitu berselera untuk makan, bahkan untuk menyantap makanan favoritnya.

Ilustrasi tidak nafsu makan (Foto: Shutter Stock)

Ketika tubuh Anda sudah berhasil menyesuaikan diri dengan aktivitas hormon kehamilan, dysgeusia akan perlahan hilang pada trimester kedua. Untungnya, ada yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dysgeusia.

Menurut dr Robyn Horsager-Boehrer dari UT Southwestern Medical Center, AS, dysgeusia dapat diatasi dengan melahap makanan asam, seperti jus lemon, mangga muda, atau makanan yang mengandung cuka.

Saat menggosok gigi, jangan lupa pula untuk menggosok lidah Anda secara lembut. Berkumurlah dengan air yang telah ditambahkan sedikit baking soda.

Anda juga bisa meminta dokter Anda meresepkan vitamin kehamilan yang berbeda dengan yang selama ini Anda konsumsi. Beberapa vitamin terbukti menambah rasa logam dalam mulut.

Yang jelas, tanda hamil ini tidak akan berlangsung selamanya, Moms! Jadi, tetap semangat, ya!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: