Pencarian populer

Penelitian: Ibu hamil Perokok Mencetus Gangguan Perilaku pada Anak

akibat ibu merokok (Foto: thinkstock)
Ibu hamil yang merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa memengaruhi kehamilan dan kesehatan janin. Tidak sampai di situ, menurut penelitian bahaya merokok dan alkohol bisa mencetus perilaku buruk anak kelak, bahkan hingga ia beranjak remaja.
ADVERTISEMENT
Dikutip laman Boldsky, gangguan perilaku (Conduct Disorder) adalah gangguan mental yang menunjukan perilaku agresif seshingga dapat mengancam keselamatan orang lain dan hewan, dengan cara menggertak maupun mengintimidasi.
Tidak hanya itu, gangguan perilaku ini juga bisa menyebabkan anak terlibat dalam perkelahian fisik, dan menyiksa hewan.
Penelitian dari King's College London, Inggris, mengungkap, bahwa paparan asap dan alkohol ibu hamil selama perkembangan janin, ternyata dapat menyebabkan beberapa epigenetik modifikasi kimia DNA, atau perubahan fenotipe genetika. Salah satu gen yang menunjukkan epigenetik yang paling signifikan adalah MGLL - diketahui gen yang berperan dalam rasa senang, kecanduan, dan persepsi rasa sakit.
Ilustrasi perilaku agresifitas pada anak (Foto: Thinkstock)
Adapun dalam penelitian sebelumnya, masalah perilaku buruk sering dikaitkan penyalahgunaan harta benda duniawi dan hidup yang anti sosial. Para peneliti juga mengungkap, kecil kemungkinan bila DNA bisa memengaruhi gangguan perilaku.
ADVERTISEMENT
Setelah dilakukan penelitian, mengungkap bahwa faktor gaya hidup ibu hamil: merokok dan mengonsumsi alkohol, pola makan, menjalani kehamilan dengan penuh tekanan, dapat memengaruhi epigenetik DNA calon ibu, dan mencetus gangguan perilaku pada anak. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam Journal Development and Psychopathology.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80