kumparan
17 Agu 2018 12:09 WIB

Referensi Video Keren untuk Ditonton Keluarga di Momen 17 Agustus

com-menonton TV bersama keluarga (Foto: Thinkstock)
Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga saat perayaan 17 Agustus. Seperti mengikuti upacara bendera, aneka lomba, hingga gotong royong membersihkan atau menghias lingkungan bersama tetangga.
ADVERTISEMENT
Selain berbagai kegiatan tersebut, ada juga satu kegiatan yang tak kalah menarik untuk dilakukan bersama keluarga saat 17 Agustus nanti Moms, yaitu nonton video video-video tentang Indonesia untuk membangkitkan semangat cinta tanah air. Berikut adalah referensi video yang bisa Anda tonton bersama keluarga saat libur 17 Agustus nanti.
Shanna Shannon
Video
Moms, coba ajarkan anak tentang cinta tanah air sejak dini lewat video lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh penyanyi cilik Shanna Shannon. Suara emas Shannon mudah membuat siapa saja yang mendengarnya terharu, merinding atau mungkin menangis karena terbawa suasana. Bahkan video yang berdurasi sekitar 2 menit itu menampilkan keindahan Indonesia yang bisa Anda ceritakan pada anak.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya lagu Kemerdekaan Indonesia saja yang dibawakan oleh Shannon, tapi masih banyak juga lagu nasional Indonesia lainnya. Sehingga Anda juga bisa memperlihatkannya pada anak agar ia bisa lebih mengenal terhadap bangsa ini sejak dini.
Shannon yang lahir di Jakarta pada 4 April 2006 ini adalah seorang anak yang dipilih secara khusus oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyanyikan kembali lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Sejak terpilih saat itu, wajah dan suaranya sering menghiasi seluruh layar bioskop di Nusantara sebelum pertunjukkan film dimulai.
Indra Aziz
Video
Bila lagu yang dibawakan oleh Shannon terlalu serius, cobalah ajak keluarga untuk menonton video tentang lagu 17 Agustus dibawakan oleh Indra Aziz Moms. Lagu dalam video yang dibuat oleh Indra jauh ringan, lebih modern, lebih ringan dan lebih mudah diingat.
ADVERTISEMENT
Atribut yang digunakan Aziz dalam video itu juga bisa dijadikan sebagai materi belajar untuk anak. Seperti mengenalkan peci yang merupakan identitas Indonesia, bros bergambar garuda yang merupakan lambang negara, dan warna merah putih yang juga merupakan warna Bendera Indonesia.
Indra Aziz adalah seorang pelatih vokal untuk artis ternama Indonesia seperti Afgan, Raisa, Agnez Mo, dan banyak lagi. Ia juga menjadi pelatih vokal resmi untuk program TV Indonesian Idol, The Voice, X-Factor, dan sebagainya.
Channel Indonesia Travel
Video
Nonton channel youtube yang diunggah oleh Indonesia.Travel juga bisa jadi pilihan tepat. Channel tersebut resmi dikelola oleh Kementrian Pariwisata Indonesia. Di sana Anda dan keluarga secara lengkap akan menemukan berbagal hal tentang Indonesia. Mulai dari keindahan alamnya, kebudayaan, makanan khas Indonesia, kebiasaan masyarakat, jenis keseniannya, penghasilan alam, nilai kehidupan, dan masih banyak lainnya.
ADVERTISEMENT
Channel Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Video
Tontonlah juga channel Youtube versi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Di sana Anda akan menemukan banyak kekhasan Indonesia dan nilai-nilai yang dianutnya bisa diajarkan kepada anak sejak dini seperti tentang Bhineka Tunggal Ika, gotong royong, nasionalisme, dan masih banyak lainnya.
Anda punya rekomendasi video lain yang juga tak kalah menariknya? Yuk, sampaikan di kolom komentar agar bisa jadi inspirasi untuk orang tua lain.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan