kumparan
31 Okt 2018 16:55 WIB

Rutin Melakukan Yoga Bisa Atasi Depresi Postpartum, Ini Penjelasannya

Ilustrasi wanita depresi. (Foto: Thinkstock)
Depresi postpartum merupakan sebuah masalah kesehatan mental yang biasanya terjadi pada wanita setelah melahirkan. Depresi ini biasanya terjadi karena adanya perubahan hormon pada ibu setelah melahirkan. Namun, selain adanya perubahan hormon, depresi postpartum bisa juga terjadi karena adanya perubahan peran serta tanggung jawab baru sebagai seorang ibu.
ADVERTISEMENT
Depresi postpartum sendiri, biasanya bisa berlangsung selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Depresi setelah melahirkan dapat mempengaruhi kemampuan dan keterampilan ibu dalam mengasuh bayi yang baru dilahirkannya. Jika tidak ditangani segera, bukan tidak mungkin kondisi ini akan mempengaruhi hubungan antara ibu dan anak.
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi depresi postpartum ini adalah dengan melakukan yoga. Ya, yoga sendiri memiliki kemampuan untuk membantu Anda menjadi lebih tenang dan menyeimbangkan fungsi organ-organ tubuh untuk kembali pulih. Mengutip laman The Healthsite, ada dua teknik yoga yang bisa Anda lakukan untuk membantu memulihkan kondisi depresi postpartum.
Pertama, teknik pranayam. Pranayam dapat membantu ibu baru menghadapi berbagai masalah termasuk emosi negatif, kesedihan, kecemasan, dan frustrasi. Yang perlu Anda lakukan adalah duduk dengan posisi sukhasana atau posisi dasar yoga. Setelah itu tarik napas perlahan dan terus menerus dengan santai.
Ilustrasi Gaya Yoga (Foto: Thinkstock)
Setelah menarik napas atau yang biasa disebut sebagai inhalasi selesai, Anda bisa menahan napas selama beberapa hitungan dan aturlah napas menggunakan mulut. Jangan terburu-buru saat melakukan latihan pernapasan ini. Pejamkan mata untuk menambah ketenangan jiwa.
ADVERTISEMENT
Kedua, teknik meditasi. Sebuah studi menunjukkan bahwa teknik pernapasan dalam meditasi dapat mempengaruhi reaksi kimia alami dalam otak yang disebut sebagai noradrenalin. Noradrenalin sendiri dilepaskan ketika Anda sedang berolahraga, merasa tertantang maupun terangsang secara emosional.
Meditasi sendiri tidak membutuhkan peralatan apapun, dan bisa Anda melakukannya di mana saja. Anda hanya perlu duduk tenang, memejamkan mata dan melakukan latihan pernapasan yang dalam. Tarik napas secara perlahan namun dalam, lalu tahan selama beberapa hitungan, dan embuskan kembali. Jika dilakukan secara rutin, meditasi dapat meningkatkan kesehatan mental seorang ibu setelah melahirkan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan