Pencarian populer

Sahur dengan Lauk Telur? Ternyata Ini 5 Manfaatnya, Moms!

Telur bisa jadi lauk sahur yang kaya manfaat Foto: Shutterstock

Telur terutama telur ayam banyak digemari banyak orang, baik tua muda, anak maupun dewasa. Tentu saja antara lain karena rasanya lezat dan bila dibandingkan dengan sumber protein hewani yang lain harganya relatif bersahabat.

Mengolahnya pun tak sulit; direbus, ceplok, dadar, atau orak-arik saja sudah enak. Jika suka, telur juga bisa dicampurkan dalam semangkuk sayur sup agar lebih bergizi, Moms. Karena memang, telur mengandung sejumlah nutrisi yang baik tubuh. Sebut saja protein, omega-3, fosfor, vitamin A, D, E, B-2, B-12, B-5, kolin, asam folat, dan masih banyak lagi. Enggak heran telur disebut sebagai superfood.

Nah, kekayaan nutrisi dari telur bisa lho, kita manfaatkan sebagai makanan sehat saat sahur. Apa saja manfaat telur bila dijadikan lauk sahur untuk keluarga tercinta?

anak mengupas telur Foto: Shutterstock

1. Menahan rasa kenyang lebih lama

Salah satu syarat makanan untuk sahur, tentunya yang bisa membuat rasa kenyang tahan lebih lama. Nah, telur bisa memenuhi syarat ini.

Dalam penelitian The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2008, telur ditemukan sebagai makanan berprotein tinggi, sehingga masuk dalam makronutrien yang paling mengenyangkan. Penting nih, terutama untuk membantu anak yang sedang belajar puasa.

2. Menjaga kesehatan otak

Bukan hanya bikin kenyang tahan lebih lama, telur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Mengutip Medical News Today, telur mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan otak. Nutrisi telur berfungsi mengatur jalannya sel dalam otak, sistem saraf, daya ingat, hingga metabolisme tubuh.

Ilustrasi anak tetap berenergi saat puasa Foto: Shutter Stock

3. Menambah energi

Telur juga bisa menjadi makanan penambah energi saat puasa. Kandungan vitamin dan mineralnya, diperlukan tubuh untuk memenuhi nutrisi harian yang bermanfaat membangkitkan energi. Dengan mengkonsumsi telur, maka tubuh tidak akan lemas saat menjalani ibadah puasa.

4. Mengandung kolin

Tidak banyak yang tahu jika telur mengandung kolin --zat yang termasuk dalam kelompok vitamin B. Menurut jurnal berjudul Choline: An Essential Nutrient for Public Health terbitan Nutrition Foundation United States, kolin digunakan untuk membangun membran sel, dan berperan memproduksi sinyal ke otak.

Artinya, kolin dapat membantu kerja otak secara maksimal, sehingga tidak berjalan lamban dalam menerima sinyal perintah. Jadi meski puasa, bisa tetap fokus dan 'nyambung', Moms!

Ilustrasi kedekatan ibu dan anak Foto: Shutterstock

5. Membuat tubuh terasa lebih bugar

Yang terakhir soal kebugaran tubuh! Tahu dong Moms, kekurangan nutrisi saat puasa biasanya membuat tubuh jadi mudah lemas? Nah, jadikan telur solusinya.

Kenapa telur bisa membuat tubuh jadi lebih bugar? Karena protein di dalamnya dapat membangun dan memperbaiki jaringan otot! Jadi kalau mau tetap bugar, sajikan telur untuk dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga saat sahur maupun berbuka.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57