Pencarian populer

Selain Air Ketuban Pecah, Ini 7 Tanda Ibu Hamil Akan Melahirkan

Ilustrasi Wanita siap Melahirkan Foto: Shutterstock

Air ketuban pecah identik sebagai tanda bahwa ibu hamil akan segera melahirkan. Jika mendapatinya, Anda harus meminta bantuan suami atau orang-orang terdekat untuk membawa Anda ke tempat bersalin.

Namun tanda akan melahirkan bukan hanya air ketuban pecah, Moms. Bila kandungan sudah melewati usia 38 minggu, Anda perlu mengenali tanda-tanda lainnya. Jika Anda peka, maka makin besar kesempatan bagi Anda mendapatkan bantuan persalinan secara tepat, sebab juga terkait dengan nyawa Anda dan bayi.

Berikut tanda ibu hamil akan bersalin yang harus Anda waspadai:

1. Berat Badan Tak Lagi Naik

Selama masa kehamilan, berat badan Anda naik karena si kecil terus berkembang dan tubuh Anda perlu menunjangnya. Sebaliknya, pada masa akhir kehamilan, berat badan berhenti naik karena cairan ketuban tak sebanyak dulu.

Mengutip laman What to Expect, sebagian ibu hamil bahkan turun beberapa kilogram menjelang persalinan.Tenang, Moms hal ini tidak mempengaruhi si kecil kok. Berat badan bayi masih bertambah.

2. Mengalami Diare

Cara bedakan tanda hamil dan terserang penyakit Foto: Shutter Stock

Diare memang tidak menyenangkan tapi mengalaminya pada akhir kehamilan merupakan pertanda baik. Otot-otot pada rahim sedang rileks demi menyiapkan kelahiran bayi, begitu pula otot pada rektum, yakni saluran akhir pada usus besar. Akibatnya Anda jadi diare.

3. Leher Rahim Terasa Melebar

Ilustrasi hamil melakukan USG 4 dimensi Foto: Shutter Stock

Serviks atau leher rahim mulai terbuka melebar dan lebih tipis pada beberapa hari atau minggu sebelum Anda melahirkan. Tujuannya adalah untuk membuka jalan lahir bagi si kecil. Dilansir Baby Center, jika Anda sudah pernah melahirkan sebelumnya, serviks biasanya melebar 1-2 cm sebelum persalinan.

Perubahan leher rahim ini ini akan dicek dan diukur secara berkala oleh dokter kandungan atau bidan Anda.

4. Mudah Lelah Tapi Ingin Bersih-bersih

Dengan perut makin membuncit dan dorongan untuk buang air kecil yang makin intens, dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari. Alhasil Anda jadi mudah lelah di siang hari dan rasanya ingin tidur terus.

Tapi di sisi lain Anda terdorong untuk bersih-bersih rumah. Dorongan itu disebut nesting, yang merupakan insting primitif manusia ingin menyiapkan “sarangnya” untuk kehadiran bayi.

5. Nyeri pada Punggung, Tulang Panggul, dan Selangkangan

Nyeri selangkangan saat hamil Foto: Shutterstock

Menjelang bersalin, kepala janin makin turun ke bawah, mendekati tulang pelvis. Akibatnya, Anda jadi merasa nyeri di bagian selangkangan.

Kepala bayi yang menekan kandung kemih juga membuat Anda sering buang air, sakit perut, kentut, dan mulas.

Jangan heran pula jika Anda merasa nyeri pada panggul dan tulang belakang. Semua itu adalah hasil pergeseran janin.

6. Keluar Lendir Bercampur Darah

Saat Anda hamil, saluran serviks Anda disumbat oleh gumpalan lendir yang kental. Menjelang persalinan, gumpalan lendir akan runtuh sekaligus. Pada saat itulah Anda mendapati vagina mengeluarkan lendir bercampur darah selama beberapa hari.

7. Kontraksi Berulang dan Teratur

Ilustrasi ibu hamil memeriksakan kandungannya ke dokter Foto: Shutterstock

Awalnya, kontraksi terasa seperti nyeri pada punggung bawah yang kemudian bergeser ke bagian perut bawah. Rasanya mirip seperti kram haid.

Kemudian rasa nyeri itu bergerak ke bagian perut yang makin mengeras dan kejang. Intensitas kejang akan terasa teratur seiring dengan kemajuan persalinan. Proses kontraksi berlanjut hingga pembukaan penuh, ukuran lebarnya antara 8-10 sentimeter.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: