Pencarian populer

Siap-siap, 5 Hal Ini akan Dialami Ibu Hamil pada Trimester Kedua

Ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Trimester kedua atau masa ketika kehamilan menginjak usia 4 hingga 6 bulan, sering disebut sebagai masa yang paling menyenangkan untuk ibu hamil.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, calon ibu sudah mulai bisa menikmati masa-masa kehamilan dibanding waktu trimester satu.
Mual yang disertai muntah ketika masa trimester pertama, perlahan membaik. Bentuk tubuh pun, belum terlalu besar sehingga tidak memberatkan saat beraktivitas.
Tapi bukan berarti pada trimester kedua, Anda bisa sepenuhnya terhindar dari aneka tantangan yang terjadi saat kehamilan, Moms.
Untuk itu, telah kumparanMOM (kumparan.com) rangkum dari berbagai sumber, kondisi apa saja sih yang akan dihadapi oleh ibu hamil saat memasuki trimester kedua?
1. Konstipasi
Konstipasi merupakan gangguan pencernaan yang bisa terjadi pula pada ibu hamil. Saat memasuki trimester kedua, kondisi perut yang semakin membesar menyebabkan perut menekan ke arah bawah. Akibatnya memang bisa membuat Anda jadi mengalami gangguan pencernaan
ADVERTISEMENT
2. Mulai Merasakan Kontraksi
Akibat adanya pembesaran pada rahim, Anda jadi akan mulai mengalami kontraksi. Biasanya kontraksi akan terasa pada punggung dan perut bagian bawah. Tidak mengherankan pula, jika saat memasuki trimester kedua, Anda akan lebih mudah merasa pegal dan sakit pinggang.
3. Meningkatnya Cairan pada Vagina
Ilustrasi Miss V. (Foto: Thinkstock)
Saat memasuki trimester kedua, peningkatan cairan pada vagina akan mulai meningkat dan mungkin buat Anda merasa jadi tidak nyaman. Anda bisa menggunaakan pantyliner untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut.
4. Rentan Mengalami Infeksi Saluran Kencing
Karena janin semakin besar, maka tekanan dalam perut pun juga akan semakin terasa. Inilah yang menyebabkan Anda jadi lebih sering bolak balik ke kamar mandi.
Risiko kalau Anda terlalu sering menunda untuk ke toilet, maka bisa mengalami infeksi saluran kencing
ADVERTISEMENT
5. Pusing
Tidak hanya pada trimester pertama, pada trimester kedua pun Anda masih akan merasakan pusing. Pusing terjadi karena adanya pembesaran rahim yang menekan pada pembuluh darah besar yang mengakibatkan tekanan pada darah jadi menurun atau bisa juga diakibatkan stres.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80