Pencarian populer

Tanda Ibu Hamil Bayi Laki-laki Maka Hidungnya Ikut Membesar, Benarkah?

Ilustrasi wajah perempuan (Foto: dok.Thinkstock)

Euforia seorang calon ibu, kerapkali membuatnya sering mengaitkan tanda hamil yang tenngah dialaminya dengan bayi yang sedang dikandung. Salah satunya, ada anggapan jika hidung ibu hamil lebih besar dari biasanya maka merupakan pertanda ia akan melahirkan bayi laki-laki.

Perlu diketahui, perubahan tubuh saat hamil memang tak hanya dengan perut yang makin membuncit, maupun hidung membesar bagi Anda yang mengalaminya.

Beberapa ibu hamil mungkin juga akan punya pipi yang lebih bulat (chubby). Kulit Anda juga cenderung akan terlihat memerah karena adanya peningkatan aliran darah di pembuluh darah.

Tak hanya itu, perubahan hormon saat kehamilan juga dapat menyebabkan pigmentasi kulit meningkat. Tandanya dengan timbul bintik-bintik gelap di wajah atau kulit terlihat lebih gelap.

Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Shutterstock)

Tapi Anda tak perlu khawatir, sebab seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia kehamilan, tanda hamil pigmentasi kulit akan memudar. Jadi, Anda tidak perlu terburu-buru menggunakan skincare pencerah wajah.

Kembali lagi ke soal hidung yang ikut membesar, dikutip dari laman Young Parents, hidung ibu hamil yang membesar merupakan hal yang dapat dialami siapa saja. Sekalipun ia telah diprediksi akan punya bayi laki-laki maupun perempuan oleh dokter.

"Kehamilan tidak hanya mengubah tubuh Anda, retensi cairan dan pembengkakan dapat mempengaruhi hidung," Menurut Dr Goh Shen Li, konsultan obstetri dan ginekolog di S L Goh Women’s Clinic, Mount Alvernia Medical Centre, Singapura seperti yang dikutip dari laman Young Parents.

Retensi cairan sendiri maksudnya ialah penahanan zat dalam tubuh secara terus-menerus yang normalnya bisa dikeluarkan, seperti urine. Lalu apakah bisa kembali ke ukuran sediakala? Hidung dan pipi yang membulat saat hamil akan kembali ke sedia kala 6 bulan setelah Anda melahirkan.

Ilustrasi hasil USG ibu hamil. (Foto: Thinkstock)

Oleh karena itu, jangan terburu-buru menyimpulkan tanda hamil yang dirasa dengan jenis kelamin si bayi ya, Moms. Cara terbaik untuk mengetahui jenis kelamin bayi, yaitu dengan melakukan tes USG. Jenis kelamin bayi pun umumnya baru dapat terlihat saat Anda melakukan USG di usia kehamilan 18-20 minggu.

Penulis: Nanda Saputri

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: