kumparan
20 Des 2018 9:39 WIB

Tanda Ibu Hamil dalam Kondisi Sehat

Berat badan bertambah adalah salah satu tanda hamil (Foto: Unsplash)
Banyak calon ibu yang merasa bingung atau panik saat merasakan berbagai tanda hamil. Apalagi jika itu kehamilan pertamanya.
ADVERTISEMENT
Maklum, tanda hamil memang banyak dan beragam. Tanda hamil juga bisa berbeda-beda pada setiap trimester kehamilan.
Itulah kenapa, saat hamil Anda mungkin merasa kontrol ke bidan atau dokter sebulan sekali saja tidak cukup untuk memastikan kehamilan Anda sehat. Tapi tenang Moms, Anda tak sendirian. Ribuan bahkan jutaan ibu hamil yang lain juga kerap merasakan kekhawatira yang sama.
Itulah kenapa Anda perlu memahamil tanda hamil yang sehat di setiap trimester. Apa saja? Berikut penjelasannya sebagaimana dirangkum dari Live Strong:
Trimester Pertama
Periode ini terhitung sejak hari pertama setelah menstruasi terakhir hingga 13 minggu kehamilan.
Ilustrasi Tanda Hamil. (Foto: Thinkstock)
Sebagian besar wanita akan merasa payudaranya lebih sensitif dan terkadang diikuti rasa nyeri. Anda mungkin juga mengalami morning sickness, pusing, lebih sering buang air kecil, hingga konstipasi.
ADVERTISEMENT
Gejala tersebut meski menyebalkan, menandakan kehamilan Anda sehat. Anda juga tak perlu khawatir jika berat badan Anda naik tidak signifikan pada periode ini. Hal itu normal Moms, karena efek dari mual yang Anda rasakan.
Namun jika Anda mengalami mual akut, muntah darah, urin berwarna gelap, sering pingsan, segera temui dokter kandungan Anda.
Trimester Kedua
Ibu hamil makan sehat. (Foto: Thinkstock)
Periode ini berlangsung pada minggu ke-14 hingga ke-26 kehamilan. Normalnya, berat badan Anda akan bertambah 0,5-1 kilogram tiap minggu. Pertahankan pola makan yang sehat ya Moms!
Pada bulan kelima Anda mungkin mulai merasakan gerakan lembut pada perut Anda. Tentu rasanya mengharukan. Anda juga akan mendapati payudara makin besar, begitu pula perut Anda.
Sebagian wanita pada trimester ini juga mulai merasakan kram perut, napas yang makin pendek-pendek, dan keputihan. Tenang saja, keputihan itu sebenarnya berguna untuk mencegah Anda mengalami infeksi bakteri.
ADVERTISEMENT
Namun jika keputihan Anda berubah warna, berbau kuat atau tak sedap, menimbulkan rasa gatal yang hebat atau mengandung darah, segera hubungi dokter Anda. Waspadai pula jika mengalami kontraksi dengan interval waktu yang berulang, bisa jadi itu tanda kelahiran dini.
Trimester Ketiga
Pada periode ini umumnya ibu hamil naik berat badan 5,5 kilogram. Tanda hamil yang muncul adalah bengkak pada kaki dan pergelangan kaki, pembuluh darah yang tampak jelas, hingga kram kaki.
Ilustrasi ibu hamil tidur nyenyak. (Foto: Thinkstock)
Semua ketidaknyamanan yang Anda rasakan mungkin membuat Anda sulit tidur. Untuk menggantinya jam tidur yang terpotong di malam hari, sebaiknya sempatkan waktu untuk tidur siang meski hanya sebentar.
Pada periode ini tendangan si kecil makin mantap dan sering, bahkan tak jarang membuat Anda sedikit sakit. Namun tendangan itu merupakan indikator yang bagus bahwa janin dalam kondisi sehat.
ADVERTISEMENT
Segera hubungi dokter Anda jika mengalami perdarahan dan pecah ketuban. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi saat Anda mengalami bengkak yang tidak wajar, rasa nyeri, kenaikan berat badan yang cepat, atau kram yang menyakitkan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan