Pencarian populer

Tips agar Anak Bisa Tenang Saat Makan

Ilustrasi anak menolak makan. (Foto: Thinkstock )

Apakah si kecil tidak bisa tenang saat makan? Ia seringkali berjalan-jalan, berlarian, hingga berkeliaran ke mana-mana. Padahal, makanan di mulut belum juga ia telan.

Parahnya, hal itu bukan hanya terjadi ketika ia menyantap makanan di rumah. Tapi si kecil juga susah anteng dalam acara makan keluarga atau makan bersama di luar. Duh, tentu repot dan tidak enak hati juga ya, Moms.

Anda perlu segera mengambil tindakan lho, Moms. Bukan saja agar nutrisi yang terserap dalam tubuh si kecil bisa berlangsung dengan baik, tapi juga untuk mengajarkan etika pada anak.

Jangan khawatir, kumparanMOM (kumparan.com) merangkum tips yang bisa Anda lakukan untuk melatih anak makan dengan anteng, berikut ini:

Mengajarkan cara makan yang benar

Berikan penjelasan soal aturan makan yang baik pada anak. Di antaranya duduk dengan posisi nyaman dan baik, tidak mengecap saat mengunyah, hingga menghabiskan makanan yang terhidang dan tidak membuang-buangnya.

Memberikan contoh

Memberi makan anak secara berlebihan (Foto: Dok. Thinkstock)

Anak adalah peniru yang ulung. Maka dari itu, berikan wadah baginya untuk bisa ditirunya. Langkah selanjutnya adalah memberi contoh yang baik saat makan Moms.

Libatkan seluruh anggota keluarga agar bisa bersikap sopan dan tenang saat mengonsumsi hidangan makanan. Sambil pelan-pelan Anda bisa mengajari anak seperti suasana mendukung yang sedang dicontohkan. "Kalau makan, mesti bisa tenang seperti kakak, ayah, kakek, dan nenek seperti itu,nak."

Tegaslah pada komitmen

Tegaslah pada anak, Moms. Tapi ingat, lakukan dengan lembut dan penuh kasih. Untuk mendisiplinkan anak, Anda bisa membuat komitmen yang disepakati bersama. Misal, tidak akan mengajaknya main jika ia makan tidak baik.

Ingat, hindari tindakan membentak, memarahi, hingga memukul anak yang justru bisa membuatnya memberontak atau tantrum. Bukannya tegas, malah bisa membuat anak dendam lho Moms.

Hidangkan dalam porsi kecil

Bekal Sekolah (Foto: Thinkstock)

Jika anak tidak bisa menunggu lama, maka Anda bisa mengakalinya dengan menghidangkan porsi kecil tiap kali makan. Tujuannya agar ia bisa kembali bergerak tanpa meninggalkan makanan yang belum dihabiskannya.

Hindarkan Berbagai Bentuk Distraksi

Anak yang tidak bisa anteng saat makan biasanya terjadi karena adanya distraksi, yang bisa mengalihkan perhatiannya. Misalnya, saat sedang makan, ia segera berlari ke sumber suara, yaitu suara dari TV, suara orang dewasa, dan sebagainya. Maka dari itu, hindari berbagai bentuk distraksi, dan kembali tegas mendidik anak untuk bisa tenang saat makan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53