Pencarian populer

Tips Agar Ibu Hamil yang Vegetarian Tidak Kekurangan Gizi

Ibu hamil makan buah (Foto: Thinkstock)

Tidak sedikit wanita yang memutuskan tetap menjadi vegetarian meski tengah hamil. Untuk mencukupi kebutuhan gizinya, ibu hamil yang vegetarian harus benar-benar mengonsumsi jenis makanan yang tepat. Anda dapat menambah variasi jenis sayuran, buah-buahan dan jenis makanan lain dari kacang- kacangan dan biji-bijian untuk mengganti zat gizi yang berasal dari daging,susu dan telur. Nah, Moms, berikut nutrisi yang penting dikonsumsi untuk ibu hamil yang vegetarian.

Vitamin D

Bila Anda hidup di daearah yang banyak sinar mataharinya, Anda tidak perlu takut kekurangan vitamin D, Moms. Karena, vitamin ini dapat dibuat dalam kulim asal kulit mendapat kesempatan terkena sinar matahari. Jadi, Anda sangat dianjurkan untuk melakuakn olahraga di pagi hari. Bila Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin D, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Protein

Beberapa jenis bahan pangan nabati yang dapat Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan protein adalah kacang hitam atau kacang-kacangan lain seperti kacang mete aneka polong-polongan, metega kacang yogurt dari susu kedelai , tempe, tahu atau produk olahan kedelai yang lain. Anda yang masih bisa makan telur dianjurkan untuk mengonsumsi telur satu atau dua butir dalam sehari, Moms.

Zat Besi

Kandungan omega 3 pada ikan bagus untuk ginjal. (Foto: Thinkstock)

Umumnya, zat besi yang terkandung dalam bahan pangan nabati lebih sulit diserap tubuh daripada zat besi yang terkandung dalam bahan pangan hewani. Itu sebabnya, dalam diet vegetarian biasanya disertakan jenis makanan yang kaya akan vitamin C, agar penyerapan zat besi oleh tubuh berlangsung lebih mudah. Misalnya, menikmati roti lapis mentega kacang sambil minum jus jeruk. Selain itu, perbanyaklah makan tempe dan tahu.

Kalsium

Ilustrasi susu full cream (Foto: Dok. Thinkstock)

Bagi Anda yang tergolong lacto-ovo vegetarian yaitu tidak makan daging ternak unggas atau ikan, tetapi makan produk olahan susu dan telur, hal ini tidak begitu menjadi masalah karena Anda masih dapat mengonsumi produk olahan susu yang mengandung kalsium. Namun tak ada salahnya bila Anda meningkatkan konsumsi sayuran-sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung, juga brokoli atau rumput laut.

Vitamin B12

Ibu hamil vegetarian yang menghindari aneka produk hasil hewan dan produk makanan siap saji yang diperkaya oleh vitamin dan mineral, seperti breakfast cereal, perlu memenuhi kebutuhannya akan vitamin B12. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi beberapa produk makanan yang mengandung vitamin B12 seperti tempe, kecap, tauco, atau oncom.

Tapi ingat Moms, Anda sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil yang vegetarian.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: