Pencarian populer

Tips Agar Suami Jadi Ayah Siaga

Peran penting suami saat istri menyusui. (Foto: Thinkstock)

Memiliki suami dengan kualitas Ayah Siaga, tentu jadi dambaan wanita. Apalagi bila Anda sudah punya anak atau tengah mengandung. Sayangnya, tak semua suami peka atau mungkin juga kurang mengerti bagaimana harus bersikap untuk menjalani peran barunya.

Bila suami Anda seperti itu, tak perlu jadi berkecil hati, Moms. Anda justru perlu membantunya.

Bagaimana caranya?

Komunikasi

Rasa sayang istri pada suami (Foto: Pexels)

Ini penting, komunikasi yang baik akan mampu mendorong pemahaman Anda dan suami. Komunikasi ini berlangsung terus menerus dan sepanjang waktu.

Tak perlu sungkan untuk menyampaikan yang Anda harapkan terkait perannya sebagai Ayah. Jangan lupa juga untuk mendengarkan pendapatnya dan diskusikan agar Anda berdua perlahan-lahan dapat menemukan konsep bersama yang disepakati

Misalnya jika Anda ingin suami mendukung Anda menyusui, membantu memandikan bayi, bergantian menidurkan kembali si kecil di tengah malam dan sebagainya.

Libatkan

Ilustrasi keluarga yang bahagia (Foto: Pixabay)

Pancinglah inisiatif suami dengan melibatkannya dalam aktivitas sehari-hari. Dengan mengetahui sendiri seperti apa sebenarnya pekerjaan Anda selama ini, suami bisa saja lebih peka.

Termasuk ketika Anda sedang hamil atau setelah melahirkan. Suami siaga begitu dibutuhkan untuk bisa membantu Anda menjalani peran sebagai orang tua.

Berbagi Tugas

Ilustrasi suami bersih-bersih rumah (Foto: Thinkstock)

Tidak ada salahnya, jika Anda membuat kesepakatan dengan suami terkait tanggung jawab dan peran masing-masing. Dengan begitu, suami yang seringkali disibukkan dengan pekerjaan masih tetap ingat dan mengerti apa yang harus ia lakukan.

Siapa tahu bukannya ia tidak mau, tapi Anda hanya perlu memintanya dengan jelas dan terbuka.

Ketulusan

Suami harus mampu menenangkan sang istri (Foto: Thinkstock)

Barangkali, ini termasuk sesuatu yang abstrak dalam hubungan rumah tangga. Namun, ketulusan yang berupa kasih sayang dan cinta Anda pada suami, perlahan bisa mendorongnya lebih memedulikan Anda. Jika sudah begitu, suami bisa menjadi sosok siaga yang Anda damba.

Semoga berhasil Moms.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.61