kumparan
15 Mei 2018 17:23 WIB

Tips Atasi Anak yang Suka Makan Berantakan

Anak makan. (Foto: Thinkstock)
Si kecil suka makan berantakan? Jika ya, Anda tak perlu khawatir, karena hal tersebut sebenarnya normal terjadi, Moms. Anda tak perlu marah, karena makan berantakan merupakan proses dari perkembangan anak.
ADVERTISEMENT
Dilansir laman Raising Children, proses belajar makan anak dimulai dengan memasukkan makanan padat ke mulut dengan menggunakan tangan. Setelah itu, anak akan beranjak untuk menggunakan sendok dan garpu saat makan. Ya Moms, bermain dengan makanan sebenarnya merupakan salah satu cara anak untuk mengembangkan keterampilan motorik halusnya.
Akan tetapi, kebiasaan seperti ini tentu tidak boleh dibiarkan berlangsung terlalu lama. Jika Anda terus membiarkan anak bermain dengan makanannya, hal tersebut bisa jadi berdampak buruk pada kebiasaan makan anak saat beranjak dewasa nanti.
Nah Moms, coba lakukan tips berikut ini, untuk mengurangi kebiasaan makan berantakan pada anak:
1. Potong makanan menjadi bagian-bagian yang kecil
Hal seperti ini akan memudahkan anak untuk mengambil dan memasukkannya sendiri ke dalam mulut.
ADVERTISEMENT
2. Dekorasi meja makan Anda
Selain buat mereka tidak sabar untuk makan, hal itu juga bisa membuat si kecil lebih berhati-hati untuk tidak mengotori meja.
3. Duduk bersama dengan anak
Saat Anda duduk bersama anak, Anda bisa menegurnya jika mereka melakukan kesalahan.
Anda tidak perlu marah atau membentak anak jika mereka bermain dengan makanannya. Tapi jika anak sampai melempar makanan ke lantai atau ke orang lain, tidak ada salahnya jika Anda menegur mereka.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan