kumparan
24 Mei 2018 10:07 WIB

Tips Jaga Kesehatan Gigi Anak saat Puasa

Ilustrasi gigi anak. (Foto: Thinkstock )
Menjaga kesehatan gigi anak saat puasa begitu penting dilakukan. Berkurangnya produksi air liur atau saliva karena tak ada makanan yang dikunyah selama puasa, bisa mengakibatkan bakteri anaerob berkembang biak lebih banyak. Jika tidak ditangani, bisa menyebabkan masalah kerusakan gigi, Moms.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi anak selama puasa? Yuk simak tips yang kumparanMOM (kumparan.com) rangkum berikut ini:
Tertib menyikat gigi
Sikat gigi (Foto: Thinkstock)
Latihlah si kecil untuk menyikat giginya dengan teratur. Ketika bulan puasa, Anda bisa membiasakan anak sikat gigi sebelum tidur dan selepas sahur.
Gunakan sikat gigi yang lembut dan aman bagi anak. Tak terkecuali pasta gigi khusus anak yang tidak membahayakan jika tertelan oleh anak secara tidak sengaja. Anda bisa mendampinginya saat menyikat gigi, dan pastikan si kecil melakukannya dengan benar.
Bersihkan lidah
Tidak hanya gigi, lidah juga perlu dibersihkan. Kuman-kuman sisa makanan bisa saja berpindah dari gigi ke lidah anak. Maka, gosok pula lidah anak dengan lembut dan perlahan. Biasanya, punggung sikat gigi dilengkapi dengan pembersih lidah yang bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan lidah anak.
ADVERTISEMENT
Berkumur
Setelah sikat gigi, jangan langsung berkumur, Moms. Tunggulah beberapa saat, agar efek fluoride pada pasta gigi yang menjaga kesehatan gigi tidak segera hilang.
Minum air cukup
Ilustrasi air minum (Foto: Dok. Pixabay)
Selain memastikan tubuh terhidrasi dengan baik, mengonsumsi air putih bagi anak berguna untuk mengatasi gangguan di rongga mulutnya. Termasuk, mencegah bau mulut dan bakteri yang berkembang biak.
Pastikan si kecil meminum setidaknya 8 gelas sehari, yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas pada malam hari, dan 2 gelas saat sahur.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan