Pencarian populer

Tips Mendekatkan Hubungan Orang Tua dengan Anak

Mendekatkan orang tua dan anak (Foto: Pixabay)

Menjadi orang tua bukanlah suatu hal yang mudah. Karena sebagai orang tua Anda tidak hanya mengurus masalah karier , tapi juga mengurus keperluan rumah tangga lainnya. Dengan kesibukan di kantor terkadang Anda kerap kali melupakan pentingnya berinteraksi dengan anak. Padahal, membentuk kedekatan dengan anak sedini mungkin akan membantu menciptakan keeratan.

Elizabeth T Santosa, seorang psikolog dan penulis buku Raising 'Children In Digital Era' mengatakan, cara memperat hubungan antara orang tua dan anak adalah dengan saling memahami. Anda sebagai orang tua dapat memahami anak melalui kulitas waktu yang dihabiskan bersama, saling menepati janji, ada rasa humor dan tawa dalam bercakap-cakap. Selain itu, berikan pujian atas usaha yang ditampilkan oleh anak-anak ketika menaati peraturan sekolah dan keluarga. Anak yang memiliki hubungan baik dengan keluarga cenderung tidak mudah terbawa arus pergaulan yang menyimpang.

Seorang anak belajar mengenai rasa percaya diri pola asuh yang reliabel sejak dini. Anda harus ada setiap anak membutuhkan Anda dan mampu memunculkan rasa aman dalam diri anak.

Ia mengatakan rasa peduli satu sama lain juga mempengaruhi hubungan anak dengan orang tua. Misalnya bersama-sama mengerjakan tugas sekolah yang sulit.

Hubungan anak dan orang tua (Foto: Pixabay)

"Kepedulian yang saya maksud harus memiliki komponen afeksi dan keterlibatan di antara orangtua dan anak. Jadi jangan katakan Anda adalah orangtua peduli dengan anak, kalau hanya memiliki afeksi alias rasa sayang kepada anak tanpa mau terlibat dalam kehidupannya, "ujar Elizabeth.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hubungan antar Anda dengan anak, salah satunya adalah dengan keep in touch. Anda perlu memiliki kontak dan komunikasi setiap saat dengan anak Anda. Komunikasi dengan anak merupakan hal yang penting, sebab hal ini akan membuat anak merasa diperhatikan dna disayang oleh Anda.

Membagi waktu bersama anak merupakan hal yang penting juga, karenakan dapat membantu Anda dalam membangun hubungan yang berkualitas dengan anak dan menunjukkan perhatian kepada mereka.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: