• 2

Tips Tetap Dekat dengan Anak Walaupun Sibuk

Tips Tetap Dekat dengan Anak Walaupun Sibuk


com-menonton TV bersama keluarga

com-menonton TV bersama keluarga (Foto: Thinkstock)
Anda mungkin merasa tipe orang tua sibuk bekerja. Sesampainya di rumah, tak jarang masih membuka laptop, untuk mengecek dan melanjutkan pekerjaan di kantor tadi. Alhasil, waktu Anda bersama keluarga, terutama anak menjadi begitu terbatas.
Tentu saja, Anda dan pasangan tengah bekerja keras toh demi kebaikan anak pula. Orang tua yang sibuk juga bisa kok tetap dekat dengan anak. Ini bisa terjadi, jika memang Anda mengalokasikan waktu, dan bukannya menyempatkan waktu, Moms.
kumparanMOM (kumparan.com) merangkum cara-cara yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:
Berikan pelukan
Jangan remehkan kebiasaan sederhana ini, Moms. Pelukan bisa menunjukkan rasa sayang dan menganggap anak begitu berharga. Usapan lembut dan dekapan hangat bisa memberikan efek menenangkan bagi anak. Sering-seringlah memeluk. Misalnya saat Anda berangkat kerja, pulang kerja, dan sewaktu ia sudah tidur.
Family time

Ilustrasi keluarga

Ilustrasi keluarga (Foto: Thinstock)
Buat kesepakatan bersama seluruh anggota keluarga untuk menetapkan hari khusus bersama, tanpa gangguan. Anda bisa menjadikan akhir pekan, misalnya, menjadi hari khusus itu. Saat family time, bisa diisi dengan pergi liburan singkat masih di dalam kota, memasak bersama, atau pergi menonton teater.
Duduk, Makan bersama
Bila memungkinkan, buatlah kebiasaan keluarga duduk dan makan bersama saat malam hari. Bukan hanya mendekatkan secara fisik, namun kebersamaan ini bisa jadi momen untuk mendengar cerita-cerita anak dan ini membuat orang tua semakin memahami anak.
Mendampingi anak belajar

Ilustrasi ibu dan anak berdiskusi

Ilustrasi ibu dan anak berdiskusi. (Foto: Freepik)
Dampingilah anak saat ia sedang mengerjakan pekerjaan sekolahnya di rumah. Tawarkan juga bantuan pada anak, misalnya saat ia sedang mengerjakan prakarya. Anda bisa bisa menawarkan bantuan untuk membelikan bahan-bahannya sepulang dari kantor. Saat Anda mendampingi anak mengerjakan proyek kecilnya itu, juga bisa jadi sarana belajarnya lho, Moms. Anda dan si kecil bisa saling berdiskusi dan bersama memecahkan masalah.
Mengecek keadaan anak
Saat Anda di kantor, atau kebetulan sedang dinas ke luar kota, saat jam makan siang tiba tak ada salahnya menanyakan kabarnya seharian di sekolah lewat telfon. Dengarkan cerita anak dengan seksama, tapi ingatkan si kecil kalau telfonnya tidak bisa lama-lama karena Anda mesti kembali bekerja.
Anda punya cara ampuh lainnya? Yuk berbagi di kolom komentar!

ParentingMOMSAyahAnakKeluarga

presentation
500

Baca Lainnya