Pencarian populer

Vagina Sering Sakit Saat Berhubungan Seks? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Sakit saat berhubungan seks (Foto: Thinkstock)

Seks seharusnya menjadi momen yang menyenangkan bersama dengan suami. Tapi faktanya, tidak semua aktivitas seks bisa membuat ibu nyaman. Beberapa dari Anda mungkin sering merasa sakit di bagian vagina ketika berhubungan seks.

Ya Moms, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan vagina Anda terasa sakit saat bercinta, berikut di antaranya:

1. Vagina Kering

Vagina Terasa Sakit (Foto: Thinkstock)

Vagina kering mungkin menjadi alasan paling umum yang membuat vagina Anda terasa sakit saat berhubungan seks. Kekeringan dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari kebiasaan merokok, stres dan kondisi tubuh yang sedang tidak fit.

Selain itu, jika ibu sedang menyusui, kemungkinan vagina kering pun bisa terjadi. Saat menyusui, kadar hormon prolaktin dalam tubuh meningkat. Kondisi tersebut bisa menurunkan libido dan menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh ibu. Akibatnya vagina pun kering dan respons seksual pun bisa menurun.

Jika Anda memiliki vagina yang kering, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti pelumas atau meningkatkan aktivitas foreplay dengan pasangan.

2. Vaginimus

Ilustrasi organ intim wanita (Foto: Thinkstock)

Vaginimus merupakan sebuah kondisi di mana adanya kejang otot pada area vagina yang tidak disengaja, yang dapat mencegah penetrasi. Penyebab Vaginimus sendiri belum diketahui pasti, tapi beberapa penelitian mengungkap bahwa vaginimus bisa disebabkan karena trauma saat bercinta. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan terapi fisik, Moms.

3. Bercinta dengan Posisi yang Salah

Ilustrasi bercinta. (Foto: Thinkstock)

Penyebab lainnya yang bisa membuat vagina Anda sakit ketika bercinta adalah posisi bercumbu yang salah. Segera ganti posisi seks yang sedang Anda lakukan, agar rasa sakit bisa segera hilang. Memaksakan posisi seks yang salah, justru mengakibatkan keinginan untuk bercinta jadi hilang.

4. Ukuran Penis yang Terlalu Besar

ilustrasi penis (Foto: Thinkstock)

Terkadang, ukuran penis yang terlalu besar juga bisa membuat Miss V sakit, Moms. Ada baiknya jika suami memasukkan penisnya secara perlahan ketika berhubungan intim. Anda juga bisa melakukan posisi yang paling basic seperti missionary untuk mengurangi rasa sakit.

6. Alergi terhadap Lateks

Kondom bikin iritasi (Foto: Thinkstock)

Penggunaan kondom atau sex toys memang sesekali bisa buat vagina Anda jadi terasa sakit. Ini dikarenakan kulit Anda sensitif terhadap bahan lateks yang merupakan bahan dasar dari pembuatan sex toys dan juga kondom.

Jika hal ini terus terjadi, ada baiknya saat berhubungan seks Anda menghentikan penggunaan sex toys dan penggunaan kondom untuk beberapa waktu, Moms.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23