Pencarian populer

Waspada Moms, Terlalu Lelah saat Hamil Dapat Memicu Keguguran

Terlalu lelah saat hamil memicu keguguran (Foto: Pixabay)

Selama masa kehamilan baik di trimester pertama sampai dengan trimester ketiga, sebisa mungkin ibu hamil menjauhi aktivitas fisik terlalu berat. Kelelahan akibat aktivitas berlebih dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan kehamilan Anda.

Dikutip dari laman baby center, kelelahan saat hamil bisa meningkatkan risiko keguguran. Jika ibu hamil mengalami kelelahan yang cukup serius, biasanya dapat berdampak bagi kesehatan Anda hingga berefek kepada kondisi perkembangan janin di dalam kandungan.

Kenyataannya, banyak ibu hamil yang memaksakan diri untuk melakukkan berbagai aktivitas padahal tubuh sudah tidak memungkinkan untuk mengerjakannya.

Kelelahan fisik maupun psikis sangat berisiko tinggi. Kelelahan ketika hamil ditandai dengan pembengkakan pada kaki, mudah lemas, mudah letih, pusing hingga jatuh dan risiko pingsan. Biasanya, fisik ibu fisik akan memberi sinyal lewat munculnya bercak darah atau flek saat hamil.

Kerentanan ini mengharuskan ibu hamil harus menjaga kesehatan lebih dari sebelumnya. Ibu hamil wajib mengonsumsi air putih paling tidak delapan gelas per harinya. Usahakan hindari minuman yang mendandung kafein maupun minuman berbahan kimia serta bersoda.

Istirahat yang cukup saat hamil (Foto: Pixabay)

Pola makanan dengan keseimbangan gizi perlu dijaga dengan baik yaitu melalui konsumsi susu, daging, buah-buahan dan sayuran. Sebaiknya, hindari junk food karena akan membuat tubuh lebih mudah lelah.

Bagi Anda yang sedang hamil, usahakan agar memiliki istirahat yang cukup agar terhindar dari risiko kelelahan yang menyebabkan keguguran. Selain memastikan istirahat yang cukup, penting juga untuk

Kehamilan adalah momen berharga ya seharusnya dirawat dengan penuh dedikasi. Jangan lupa jaga kesehatan ya Moms, agar bayinya sehat juga

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.53