kumparan
21 Mar 2018 12:06 WIB

Yuk, Ajarkan Anak Etika Batuk yang Benar

Ilustrasi anak batuk. (Foto: Flickr/ Ryan Boren)
Anak-anak mudah meniru apa yang ia dengar, lihat dan rasakan. Tak peduli itu benar atau salah. Hal ini dikarenakan ia belum bisa membedakan mana yang baik atau buruk. Maka, penting bagi orang tua untuk mengajarkan contoh yang baik bagi si kecil sedari dini.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah mengajarkannya etika batuk atau bersin yang benar. Memang terlihat sepele, namun ini sangat penting bagi kesehatan bersama. Dikutip dari laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), batuk atau bersin merupakan gejala utama infeksi saluran respiratori akut yang mengandung droplet nuclei (percik renik). Dalam renik tersebut terdapat virus dan bakteri.
Nah, bila etika bersin dan batuk tidak dilakukan dengan benar, virus atau bakteri bisa tersebar cukup jauh, hingga mencapai jarak beberapa meter dan bisa terhirup oleh orang lain. Oleh karenanya, penting sekali anak diajarkan etika batuk yang benar.
Berikut adalah cara batuk yang baik dan benar:
1. Ketika batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan lengan atau lengan baju. Bila memungkingan gunakan tisu
ADVERTISEMENT
2. Buang tisu di tempat sampah, jangan di sembarang tempat
3. Bila menutup batuk atau bersin menggunakan telapak tangan, setelahnya cuci tangan menggunakan dengan sabun dan air mengalir dengan sabun
4. Bila sabun tidak tersedia, gunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol dengan konsentrasi alkohol setidaknya 60 persen.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan