Pencarian populer

Zwitsaland, Tempat Inspiratif Orang Tua Milenial Bonding dengan Anak

Zwitsaland. Foto: Fina Prichilia/kumparan

Anda pasti setuju, Moms, kalau semua orang tua di dunia ini akan menemui tantangannya masing-masing saat mengurus anak.

“Terlebih sekarang zamannya milenial parents. Saya tahu banget challenge (tantangan)-nya seperti apa, karena saya sedang mengalaminya. Pernah enggak merasa kadang rutinitas sama anak yang itu-itu saja jadi terasa monoton?” kata Karamita Darusman, Brand Manager Zwitsal, Unilever Indonesia, pada Konferensi Pers Zwitsaland, pada (20/4), di main atrium Gandaria City.

Karamita lalu melanjutkan, padahal rutinitas yang terasa monoton itu sebenarnya ia justru melihat sebagai ‘investasi’ baik, di antaranya cara tepat untuk waktu bonding antara orang tua dan anak, Moms.

Para pembicara di acara konferensi pers Zwitsaland. Foto: Fina Prichilia/kumparan.

“Kadang orang tua mikirnya jauh, mau bonding time dengan anak tapi harus ngapain, ya? Padahal dari rutinitas sehari-hari atau kegiatan di rumah, itu bisa lho, misalnya sesimpel saat waktunya memandikan si kecil. Tapi saat memandikannya harus dinikmati ya, misalnya anak diajak mengobrol, atau bisa sambil belajar juga seperti mengenalkan si kecil nama-nama bagian tubuhnya. Ini semua demi bonding, karena manfaat bonding yang begitu banyak,” paparnya.

Senada dengan Karamita, psikolog anak Chitra Annisya, M.Psi., dari Tiga Generasi menjelaskan, bonding adalah ikatan emosional yang terjalin antara orang tua dan anak. Bisa diwujudkan saat melibatkan tiga elemen penting, yaitu kontak mata, sentuhan, dan interaksi.

Salah satu booth Zwitsal Cooking Corner di Zwitsaland. Foto: Fina Prichilia/kumparan.

Manfaat dari waktu bonding itu antara lain dapat membuat anak merasa percaya diri, berani, mandiri, lebih bisa belajar banyak hal dibanding anak yang tidak.

Awareness (kesadaran) orang tua zaman sekarang semakin meningkat dan itu positif. Tapi memang zaman sekarang yang serba cepat dan banyak peran, yaitu jadi istri plus ibu bekerja, plus jadi ibu anak satu, atau ibu anak dua, memang dituntut untuk punya manajemen waktu yang sangat baik. Peran gadget, kita harus akui jadi peran sehari-hari yang penting. Tapi orang tua harus bijak, jangan sampai gadget menggantikan sentuhan, kontak mata, dan interaksi dengan anak,” jelas Chitra.

Salah satu corner, 'Counseling Booth' di Zwitsaland. Foto: Fina Prichilia/kumparan

Nah, menciptakan waktu bonding, menurut Chitra, tak mesti waktu yang berlama-lama. Tapi bisa juga lewat aktivitas rutinitas sehari-hari serta sediakan waktu khusus, selama 15-30 menit dengan anak tanpa gangguan, tanpa kritik, dan mesti dilakukan secara konsisten.

Artika Sari Devi yang juga turut hadir dalam acara ini menambahkan, bonding time dengan anak itu manfaatnya bukan hanya buat si kecil saja, Moms, tapi juga buat orang tuanya.

“Bonding time dengan anak bagi aku dan suami, itu bisa melepas penat kami, lho,” katanya.

Zwitsal Sensory Corner di Zwitsaland. Foto: Fina Prichilia/kumparan

“Zwitsal menghadirkan Zwitsaland sebagai platform yang dapat menginspirasi para orang tua untuk membangun momen bonding dengan anak. Di Zwitsaland banyak booth-booth interaktif yang bisa dinikmati orang tua dengan anak, kami berharap banyak orang tua terinspirasi setelah mengikuti aktivitas di masing-masing booth itu, untuk menciptakan bonding time di rumah,” tambah Karamita.

Salah satu sudut bermain anak di Zwitsaland. Foto: Fina Prichilia/kumparan
Stroller Parkir Area di Zwitsaland. Foto: Fina Prichilia/kumparan

Di antaranya ada Zwitsal Sensory Corner, Zwitsal Cooking Corner, Zwitsal Science House, Zwitsal Fashion Corner, Zwitsal Traveling & Discovery dan Zwitsal Massage & Manicure Corner; juga berbagai talk show dan performance menarik di panggung. Banyak, deh!

Zwitsaland hadir di atrium utama Mal Gandaria City selama dua hari pada 20 dan 21 April 2019. Jadi masih ada waktu lho, kalau sore ini Anda mau ke sana!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.41