• 13

1 Tahun kumparan: Merekrut Anak Muda Bertalenta dari Penjuru Indonesia

1 Tahun kumparan: Merekrut Anak Muda Bertalenta dari Penjuru Indonesia


Menjelang ulang tahun pertama kumparan pada 17 Januari 2018 nanti, tak hanya kisah peliputan dan kolaborasi yang ingin kami suguhkan. Namun, talenta-talenta luar biasa di balik layarnya juga tak kalah penting untuk diceritakan.
Awal mula proses perekrutan para jurnalis dan tim lain di kumparan dimulai sejak bulan Oktober 2016. Saat itu, kumparan membuka program rekrutmen untuk pertama kalinya. Ada sekitar 12 ribu pelamar yang mengirimkan aplikasi. Dari jumlah tersebut kemudian diseleksi hingga hanya 82 orang saja.
Para pelamar yang lolos tak langsung begitu saja diterjunkan ke lapangan, namun mereka diberi pelatihan mulai dari hal-hal teknis yang berhubungan dengan peliputan sampai memberi wawasan terkait dunia luar oleh para narasumber terkemuka. Mulai dari menteri, selebritis sampai para pakar. Program ini diberi nama Onboarding batch 1.
Saat itu, hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi, Juru bicara Istana Johan Budi, ekonom Rhenald Kasali, sampai presenter Najwa Shihab dan nama-nama terkenal lainnya.
Para jurnalis yang kebanyakan baru saja lulus dari universitas itu, diberikan pemahaman mengenai berbagai fenomena yang terjadi lingkungan masyarakat dan berbagai kemungkinan persoalan yang akan mereka hadapi saat meliput. Tak lupa, beberapa pakar juga ikut memberikan tips untuk menjadi jurnalis yang baik.
Program itu tak sia-sia. Setahun berjalan, para jurnalis tersebut bekerja dengan penuh dedikasi, siang-malam, menembus berbagai halangan dan rintangan, bahkan tak jarang dengan risiko cukup tinggi, melakukan peliputan demi menyuguhkan cerita menarik untuk pembaca. Beberapa bahkan mendapatkan informasi eksklusif dan akses ke tokoh-tokoh penting sehingga bisa memberi manfaat dan perubahan untuk kepentingan yang lebih luas.
Namun, kami belum puas. Dinamika informasi yang terus berkembang membuat kebutuhan akan jurnalis juga semakin bertambah. Karena itu, pada bulan Oktober 2017, digelar program 1001 lowongan. Tujuannya, untuk merekrut sekitar 120 jurnalis baru yang akan mengisi 14 segmen di kumparan.

Suasana kumparan onboarding hari pertama

Suasana kumparan onboarding hari pertama (Foto: Salmah Muslimah/kumparan)
Proses rekrutmen kedua berjalan lebih heboh dari sebelumnya. Total pelamar mencapai angka lebih dari 24 ribu orang. Mereka datang dari berbagai penjuru Indonesia.
Setelah melalui proses seleksi administrasi sampai seleksi berkonsep ‘fun’ di Kuningan City, akhirnya 120 orang pilihan bisa bergabung di kumparan. Seperti program pertama, kumparan membuat Onboarding batch 2 untuk mereka.

Salah seorang peserta 1001 Lowongan kumparan

Salah seorang peserta 1001 Lowongan kumparan (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Program Onboarding kedua ini berjalan dengan konsep lebih baru. Para peserta diajak untuk aktif berdiskusi, menulis materi dan pada hari kedua, diminta untuk membawa orang-orang tersayang untuk menikmati acara bersama.
Para pengisi acara yang hadir datang juga dari berbagai kalangan. Misalnya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang kala itu masih menjabat, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur DKI Anies Baswedan, Kepala BNPT Suhardi Alius, sampai tokoh muda inspiratif seperti Keenan Pearce, Fajar Nugros, CEO NET Wishnutama dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya.

Anies Baswedan di Kumparan Onboarding

Anies Baswedan di Kumparan Onboarding (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Setelah Onboarding batch 2, kini kami semakin bersemangat karena banyak talenta-talenta baru bergabung. Namun seiring dengan penambahan personel, tugas dan tanggung jawab kami semakin besar. Dengan bantuan Anda para pembaca budiman, kami berharap bisa menjadi yang terdepan di tahun 2018 mendatang. Karena bagi kami, kolaborasi adalah kunci.

Susi Pudjiastuti di kumparan Onboarding Batch 2

Susi Pudjiastuti di kumparan Onboarding Batch 2 (Foto: Cornelius Bintang/kumparan)


Perayaan ulang tahun kumparan akan digelar pada 17 Januari 2018. Pantau terus artikel-artikel ulasan kami selama setahun di topik setahun kumparan.

NewsSetahun kumparan100 Wartawan kumparanJurnal

500

Baca Lainnya