kumparan
19 Sep 2019 15:51 WIB

2 Kali Gempa, Warga Tuban Tak Rasakan Getaran

Ilustrasi gempa bumi. Foto: Getty Images
Wilayah Tuban, Jawa Timur, diguncang dua gempa pada siang hari ini, Kamis (19/9). Gempa yang terjadi pukul 14.06 WIB berkekuatan 5,6 magnitudo.
ADVERTISEMENT
Sekitar 25 menit kemudian, tepatnya pukul 14.31 WIB, menyusul gempa lebih besar berkekuatan 6 magnitudo. Getaran gempa juga dirasakan hingga Bali dan Mataram, NTB.
Namun demikian, banyak warga Tuban yang tak merasakan getaran gempa. Kartono (58), warga Jatirogo, Tuban, sama sekali tak merasakan gempa. Saat kejadian dia sedang berada di rumah seorang diri.
"Saya enggak ngerasain apa-apa. Tetangga juga aktivitas biasa, enggak ada yang ngerasa gempa," kata Kartono saat dihubungi kumparan, Kamis (19/9).
Kartono menyebut, saat itu anak-anak tetangga sedang bermain di halaman rumah. Mereka juga tak merasakan apa pun. Menurutnya, biasanya jika ada bencana alam, kemalingan, atau hal-hal lainnya, ada kentongan yang dibunyikan oleh warga kampung. Namun kali ini tak ada kentongan yang berbunyi.
ADVERTISEMENT
Jatirogo adalah salah satu kecamatan yang lokasinya dekat dengan Pantai Bung, Tuban. Gempa kali ini juga berpusat di laut, berjarak 56 km barat laut Tuban dengan pusat gempa di kedalaman 648 km.
Di media sosial Twitter, banyak warga Tuban yang juga mengaku tak merasakan gempa. Mereka tetap beraktivitas normal. Padahal BMKG mencatat, gempa tersebut juga dirasakan di Tuban dalam skala III MMI.
Berbeda dengan warga Tuban, mereka yang di Bali, Mataram NTB, Yogyakarta, dan daerah lainnya merasakan gempa tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan