Pencarian populer

4 Bahaya Albothyl Jika Masih Tetap Digunakan

Albothyl. (Foto: Dok. Istimewa)

BPOM membekukan izin edar obat konsentrat Albothyl yang diproduksi PT Pharos Indonesia. Albothyl harus ditarik dari pasaran karena memiliki kandungan berbahaya dalam bentuk policresulen.

Albothyl merupakan obat bebas terbatas yang digunakan untuk hemostatik dan antiseptik pada saat pembedahan, serta penggunaan pada kulit, telinga, hidung, tenggorokan (THT), sariawan, gigi dan vaginal (ginekologi).

Policresulen cairan konsentrat 36 persen penggunaannya sangat berbahaya atau berisiko jika digunakan tanpa pengenceran dahulu. Oleh karena itu, Albothyl tidak lagi direkomendasikan penggunaanya untuk indikasi pada bedah, dermatologi, otolaringologi, stomatologi, dan odontology.

kumparan (kumparan.com) merangkum bahaya apa saja yang ditimbulkan oleh penggunaan policresulen pada Albothyl, sebagai berikut :

1. Efek vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah perifer

Bahaya yang terjadi salah satunya adalah efek vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah perifer (tepi) pada daerah sariawan yang menyebabkan suplai darah pada daerah sariawan terhenti. Hal itu membuat jaringan sariawan menjadi mati sehingga rasa perih pada sariawan sesaat hilang setelah diberikan policresulen.

Itu menyebabkan suplai darah pada daerah sariawan terhenti yang menyebabkan jaringan sariwan menjadi mati,"

- drg. Widya Apsari, Sp.PM

2. Deskuamasi jaringan atau pengelupasan kulit

Efek ini terlihat pada penggunaan policresulen dengan cara dikumur.

Sesaat setelah dikumur, akan terlihat terjadinya kulit mulut yang terkelupas,

- drg. Widya Apsari, Sp.PM

3. Infeksi

BPOM sudah melakukan pemantauan Albothyl. Hasilnya dalam 2 tahun terakhir BPOM menerima 38 laporan dari profesional kesehatan dan pasien dengan keluhan efek samping obat Albothyl untuk pengobatan sariawan

"Di antaranya efek samping serius yaitu sariawan yang membesar dan berlubang hingga menyebabkan infeksi (noma like lession),"

- keterangan BPOM

4. Sariawan bertambah besar dan sakit

Pada penggunaan Albothyl, sariawan seolah memang sembuh namun risiko lainnya yang bisa ditimbulkan seperti sariawan bertambah besar dan sakit

Hal itu bisa disebabkan oleh sariawan yang terlalu besar, policresulen diberikan secara terus-menerus, tubuh yang tidak mampu untuk membentuk jaringan baru yang sehat, atau sariawan yang diderita bukan sariawan biasa,

- drg. Widya Apsari, Sp.PM

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57