Pencarian populer

41 Ribu Calon Bintara Polri Lolos Tes Psikologi

AS SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto. (Foto: Dok. Polda Kalbar)

Satu tahapan seleksi bintara Polri yakni tes psikologi sudah selesai dilakukan. Dari 76 ribu calon, yang lolos seleksi yakni 41.912 orang.

Menurut As SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto dalam keterangannya, Kamis (19/4), 76.522 putra dan putri Indonesia melaksanakan tes psikologi dalam rangka seleksi calon Bintara Polri. Tes dilaksanakan secara serempak pada 33 Polda dan 4 Subpanda, yaitu Raja Ampat, Kaltara, Sintang Kalbar dan Nias Sumut.

"Bintara Polri merupakan anggota Polri yang bertugas pada garda terdepan Polri dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat," beber Arief.

Arief menjelaskan, dari 76.387 peserta seleksi dibagi menjadi dua kelompok, 74.591 orang mengikuti seleksi polisi tugas umum, sedangkan 1.796 orang mengukuti seleksi Bintara kompetensi khusus sebagaimana disebutkan di atas.

Suasana seleksi Bintara Polri di Polda Jambi. (Foto: Dok. SDM Polri)

Seleksi polisi tugas umum yang dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 41.912 (56,09%), sedangkan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sebanyak 32.814 (43,91%).

"Peserta yang dinyatakan gugur (TMS) tidak boleh mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Sedangkan peserta seleksi Bintara kompetensi khusus tidak menggunakan sistem gugur tetapi berdasarkan ranking sesuai hasil komulatif dari semua tes dengan mengutamakan kompetensi teknisnya," beber Arief.

Arief mengungkapkan, peserta yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagian besar karena nilai yang diperoleh berada di bawah standar yang telah ditetapkan, yaitu 61.

"Sementara itu apabila dilihat dari penyebaran aspek psikologisnya antara lain pada aspek berfikir logis pada dimensi aspek kecerdasan. Pada dimensi aspek kepribadian adalah dalam hal pengambilan keputusan. Sedangkan pada dimensi sikap kerja pada aspek ketahanan kerja," ungkap dia.

Sementara itu untuk Tamtama Polri peserta yang ikut tes psikologi sebanyak 6.109 orang. Yang dinyatakan memenuhi syarat 3.571 orang (58,45%) dan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat 2.538 (41,55%).

Suasana seleksi Bintara Polri di Polda Jambi. (Foto: Dok. SDM Polri)

Pelaksanaan tes dilakukan pada hari Selasa s/d Rabu (17/18 April 2018). Kuota didik Bintara pada tahun 2018 ini sebanyak 8.400 Orang terdiri dari 8000 orang Polki dan 400 Polwan.

"Dari jumlah tersebut, selain untuk polisi tugas umum pada tahun ini Polri akan merekrut Bintara dengan kompetensi khusus yaitu TI, musik, Analis Kimia, Penerbangan dan Pelayaran/Nautika sebanyak 500 orang," tutup dia.

Para calon bintara ini akan melakukan tes tahapan selanjutnya. Sebelumnya mereka sudah disumpah dan menandatangani pakta integritas untuk tidak melakukan KKN. Ancaman pidana hingga gugur dari tes mengancam para peserta calon Bintara Polri bila curang.

AS SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto. (Foto: Dok. Polda Kalbar)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33