kumparan
17 Jan 2017 10:23 WIB

42 Persen Jenis Ikan Hias di Dunia Ada di RI

Ikan hias nemo yang sangat indah. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memiliki jenis ikan hias dengan jumlah paling banyak di dunia. Maka tidak heran, banyak orang yang bilang Indonesia adalah surga ikan hias di dunia. Tidak percaya?
ADVERTISEMENT
“Indonesia memiliki 600 spesies dari 1.400 spesies ikan hias yang ada di seluruh dunia,” sebut Ketua Dewan Ikan Hias Indonesia (DIHI) Suseno Sukoyono saat berbincang dengan kumparan, Selasa (16/1).
DIHI mencatat umumnya ikan hias yang ada di Indonesia terbagi menjadi dua jenis. Pertama adalah ikan hias jenis ikan tawar dan yang kedua adalah ikan hias air laut.
Ikan hias air tawar adalah ikan hias yang paling banyak dikembangkan dan dibudidayakan ketimbang ikan hias air laut. Hal ini karena budidaya ikan hias air tawar lebih mudah dan bisa dilakukan di skala rumahan.
Ikan mas koki untuk dipelihara dan dibudidayakan. (Foto: Wiji Nurhayat/kumparan)
Masyarakat membudidayakan ikan hias sekitar 90 persen dari jumlah 400 spesies yang ada di negara ini. Ikan hias air tawar yang paling terkenal adalah ikan cupang, koi, koki, hingga arwana.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan ikan hias air tawar, ikan hias air laut justru lebih rumit dan sulit dikembangkan serta membutuhkan modal yang besar untuk membudidaya. Sedangkan untuk produksi ikan hias pada 2016, mencapai 1,3 miliar ekor.
“Tercatat hingga bulan Oktober 2016 produksi ikan hias Indonesia mencapai 843.060.990 ekor,” tambahnya.
Sementara itu, DIHI juga mencatat ikan hias Indonesia banyak diproduksi di 18 provinsi. Tetapi dari jumlah tersebut, hanya 5 provinsi yang produksinya bisa terbilang cukup besar.
“Wilayah sentra produksi ikan hias Tanah Air tersebar di 18 Provinsi di seluruh Indonesia, dengan sentra utama budidaya ikan hias terbesar terdapat di lima provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan Yogyakarta,” sebutnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·