kumparan
28 Des 2017 13:12 WIB

5 Cerita Ojek Online yang Ramai Dibahas Netizen Sepanjang 2017

Ojek Online (Foto: Ojek Online)
Di tengah kemacetan dan padatnya jadwal beraktivitas, ojek online memang sering dijadikan solusi. Mulai dari fungsi utamanya sebagai alat transportasi sampai kegunaan lain seperti membelikan makanan dan minuman, mengantarkan paket, hingga mengirimkan dokumen penting.
ADVERTISEMENT
Selain itu, keberadaan ojek online juga mencuri perhatian karena memiliki banyak cerita unik di dalamnya. Sepanjang tahun 2017 sudah banyak cerita yang lahir dari interaksi penumpang dan driver ojek online, mulai dari kisah haru, lucu, sampai horor yang kemudian viral di media sosial
kumparan (kumparan.com) merangkum sejumlah cerita di ojek online yang pernah viral di tahun 2017, sebagai berikut :
1. GrabBike angkut nenek 'hantu'
Nenek yang diduga hantu di Haji Nawi. (Foto: Dok. Istimewa)
Mei 2017, media sosial digegerkan oleh foto seorang pengemudi GrabBike yang mengangkut seorang nenek dengan pakaian dan wajah serba hitam. Lebih-lebih dalam keterangan foto yang beredar, tertulis bahwa nenek tersebut hilang secara misterius saat pengemudi Grab memberikan uang kembalian.
Tak pelak, dengan cepat beredar kabar bahwa nenek misterius itu adalah penumpang 'hantu'. Cerita ini kemudian viral dan banyak diperbincangkan orang.
ADVERTISEMENT
Roni Yulianto, driver yang mengantar nenek itu pun meluruskannya. Ia bercerita pada pertengahan 7 Mei lalu, sekitar pukul 00.30 dini hari, sebuah order GrabBike masuk ke aplikasinya. Dia segera meluncur ke lokasi yang tepatnya adalah Alfamart di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan.
Menurut Roni, nenek tersebut adalah penumpang biasa bukan hantu seperti yang diceritakan orang-orang. Meski begitu, ia mengamini bahwa penampilan si nenek memang sesuai yang digambarkan
"Untuk wajahnya, saya tidak tatap muka," kata Roni
Kepada kumparan, Roni menegaskan bahwa dia masih melihat si ibu sampai uang kembalian diberikan.
"Itu orang, bukan hantu. Beritanya saja dibikin heboh," kata Roni
2. Teror cinta driver ojek online
Seorang penumpang ojek online menceritakan pengalaman kurang mengenakkannya ketika menggunakan jasa ojek online lewat Twitternya pada Rabu (18/7). Penumpang yang juga seorang mahasiswi itu bercerita dirinya mendapatkan bom pesan dari sang driver yang naksir berat kepadanya.
ADVERTISEMENT
Awalnya semua berjalan normal bagi penumpang bernama Zahra tersebut, namun setibanya ia di rumah, Zahra menerima pesan singkat bertubi-tubi dari driver yang ia tumpangi. Bahkan driver tersebut juga menghubunginya melalui WhatsApp.
Zahra tidak menanggapi pesan-pesan tersebut namun si driver tidak menyerah. Dia bahkan nekat membelikan Zahra pulsa.
"Ini serem sih. Ternyata dia ngirimin saya pulsa beberapa kali dalam rentang waktu beberapa hari. Mungkin karena SMS atau chat-nya enggak pernah saya balas," ujar Zahra.
Driver ini tak lelah menghubungi Zahra dengan nomor berbeda. Kurang lebih ada 10 nomor berbeda dari si driver yang digunakan untuk menghubungi Zahra selama 26 hari. Lebih nekat lagi, driver tersebut juga mengirimkan sebuah lagu untuknya dan yang menjadi puncak kekesalan Zahra adalah saat driver itu mengganti foto profil di WA dengan fotonya.
ADVERTISEMENT
"Oke, ini yang paling klimaks gue jijiknya. Dia nge-save profil picture saya dan dijadiin profil picture dia. Dan wallpaper HP dia," ungkapnya.
Setelah Zahra marah-marah karena fotonya dijadikan foto profil, si driver tak pernah menghubunginya lagi.
3. Driver GrabBike menikah dengan penumpangnya
Hidayat dan Widya. (Foto: Dok. Erika Widyaningsih)
Kisah ini dialami oleh Hidayat (32) dan Erika Widyaningsih (21). Hidayat yang bekerja sebagai Driver GrabBike berhasil mempersunting Erika yang merupakan penumpangnya sendiri.
Cerita mereka bermula ketika Erika yang biasa dipanggil Widy memesan ojek online untuk berangkat kerja dari tempat kosnya di Tangerang pada Juli tahun 2016.
"Si Abang (Hidayat) nanya apa sudah berkeluarga apa belum. Terus saya jawab belum punya. Di jalan enggak banyak ngobrol, cuma nanya seperlunya aja," kata Widy saat dihubungi kumparan, Rabu (23/8).
ADVERTISEMENT
Kemudian setelah Widy sampai di tujuannya, Hidayat memberanikan diri untuk izin menyimpan nomor Widy. Di hari yang sama, Hidayat pun menawarkan diri untuk menjemput Widy dari tempatnya bekerja.
"Tidak lama dia WA dan bilang, 'Kak ini nomor saya', terus dia sempat nanya pulang kerja jam berapa dan bilang mau jemput. Sebenernya saya engga enak, tapi akhirnya dijemput dan tetap komunikasi sampai besok-besoknya," ungkap Widy.
Perkenalan itu menjadi jalan pembuka bagi hubungan mereka. Setelah dua bulan melakukan pendekatan, Hidayat dan Widy resmi menjadi pasangan kekasih.
Hampir setahun lamanya menjalin hubungan, pada Juli 2017 lalu Hidayat akhirnya memberanikan diri mengutarakan niat seriusnya untuk menikah kepada keluarga Widy.
Kisah Hidayat dan Widy pun menjadi viral di media sosial, banyak netizen yang memuji serta berdoa untuk kebahagiaan keduanya.
ADVERTISEMENT
4. Driver tercebur got
Driver ojek online masuk ke dalam got (Foto: Facebook/Dedy Alamshah)
Lewat sebuah foto di media sosial, nasib sial seorang driver ojek online menjadi viral. Foto tersebut menunjukkan dua orang pria yang dikerumuni beberapa orang. Satu pria tampak terbaring di atas trotoar, dan satu lagi dengan posisi duduk di trotoar.
Pria yang terbaring di atas trotoar itu terlihat menutupi wajahnya. Sedangkan si pria yang tengah duduk terlihat memegangi tangan kanannya dengan raut wajah seperti menahan sakit.
Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Dedy Alamshah. Dari keterangan Dedy, dikatakan dua pria tersebut adalah seorang driver ojek online dan penumpangnya yang terperosok ke dalam got.
Dedy mengaku mendapatkan foto dan informasi ini dari grup WA lalu menyebarkan di akun Facebooknya. Ia mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Senin (21/8). Penyebabnya menurut Dedy adalah kelelahan dan mengantuk.
ADVERTISEMENT
"Semua selamat dan kondusif. Sesudah baca kabar ini di grup saya jalan lagi karena waktu itu sedang bawa penumpang," kata Dedy saat dihubungi kumparan, Senin (21/8).
5. Ojek Bule
Anton Lucanus berjaket Go-Jek (Foto: Instagram @ojekbule)
Seorang warga negara asing (WNA) mencuri perhatian pada September 2017 silam. Pria yang bernama Anton Lucanus itu mengaku bekerja sebagai pengemudi Go-Jek dan menyebut dirinya sebagai ojek bule. Melalui akun Instagramnya @ojekbule, dia pun mengunggah kegiatannya mengantar dan menjemput penumpang seperit layaknya driver ojek online.
Apa yang dilakukan oleh Anton berhasil membuat heboh netizen. Pasalnya, seorang WNA yang bekerja sebagai driver ojek online belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, tidak sedikit juga yang menganggap bahwa apa yang dilakukan Anton hanyalah iseng belaka.
ADVERTISEMENT
Setelah unggahannya viral, Anton pun mengaku bahwa aksi yang dilakukannya hanya semata-mata untuk hiburan dan kompetisi video.
"Video Ojek Bule ini diciptakan hanya untuk tujuan hiburan semata saja untuk ikutan kompetisi video. Mohon maaf kalau video ini menyebabkan kontroversi," kata Anton dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan, Sabtu (23/9).
Sementara, pihak Go-Jek menegaskan bahwa Go-Jek hanya bermitra dengan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan KTP saat melakukan pendaftaran mitra.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan