Pencarian populer

5 Kegiatan Seru untuk Mengenang Jasa Pahlawan

Apel Banser dan Doa untuk Bangsa dan Pahlawan. (Foto: dok. Pengurus Wilayah DKI Jakarta Gerakan Pemuda Ansor)

Peringatan Hari Pahlawan merupakan salah satu agenda nasional yang diperingati setiap tahun, yakni pada 10 November. Tujuannya sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa dan perjuangan para pahlawan dan pejuang yang telah mengorbankan jiwa raganya demi tetap utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Banyak kegiatan bisa dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan Indonesia, seperti pesta kostum hingga tabur bunga di laut. Berikut kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk memperingati Hari Pahlawan yang sudah kumparan rangkum, Jumat (9/11).

1. Cosplay / Pesta Kostum

Jokowi di acara Bandung Lautan Sepeda. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)

Merayakan Hari Pahlawan lebih seru jika dilakukan bersama-sama dengan kerabat bahkan warga satu kampung. Salah satu kegiatan yang bisa kamu lakukan diantaranya mengadakan pesta kostum dengan menirukan gaya dari pahlawan Indonesia.

Seperti menggunakan baju ala R.A Kartini, Ir Soekarno, atau menggunakan kostum veteran. Kostum yang satu ini sangat khas dengan warna polos, modelnya yang gagah, dan topinya. Dalam acara ini, para peserta saling menunjukkan kreativitasnya dengan dandanan ala pejuang tempo dulu.

Dengan menggunakan kostum ala-ala pahlawan, kamu juga bisa membuat kegiatan yang seru seperti lomba kostum yang paling unik. Cara lainnya, kamu juga bisa makan bersama dengan mengenakan kostum ala-ala tersebut untuk memperingati hari yang bermakna ini.

2. Pawai

Pawai tampaknya menjadi acara wajib bila memperingati Hari Pahlawan. Biasanya warga secara beramai-ramai melakukan kirab dengan diiringi marching band. Ada juga pertunjukan sepeda hias, teatrikal, dan pembacaan puisi.

Arak-arakan yang panjang dan mengular menunjukkan kemeriahan pawai tersebut. Cuaca panas ataupun huja tidak menyurutkan peserta pawai maupun penonton yang larut dalam keriuhan peringatan Hari Pahlawan 10 November.

3. Ziarah ke makam pahlawan

Salah satu kegiatan berfaedah lainnya untuk memperingati Hari Pahlawan adalah ziarah ke makam pahlawan terdekat. Misal saja kamu bisa berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Kalibata atau TMP Kalibata yang terletak di Jakarta Selatan, untuk memberikan berdoa dan menaburkan bunga ke pusara para pahlawan.

Jokowi ajak veteran tabur bunga di TMP Cikutra, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/11/2018). (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)

Ziarah ke makam pahlawan ini juga menjadi agenda wajib presiden pada 10 November.

4. Naik gunung

Memperingati Hari Pahlawan di puncak gunung dianggap sebagian orang lebih bermakna untuk memahami dan mendalami rasa nasionalisme. Jadi, tak heran banyak kelompok pecinta alam dan pendaki gunung memilih melakukan upacara dan menyaksikan pengibaran bendera merah putih dari puncak gunung.

Sejumlah pecinta alam, menjadikan upacara peringatan Hari Pahlawan di puncak gunung sebagai agenda wajib tahunan. Mereka menggelar upacara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya di puncak sambil mendoakan para pahlawan yang telah gugur.

5. Tabur bunga di laut

Tabur bunga di laut salah satu kegiatan untuk mengenang Pertempuran 10 November 1945 Surabaya. Dalam acara tabur bunga di laut biasanya dilaksanakan penghormatan kepada arwah para pahlawan dengan upacara.

Ketua MPR Zulkifli Hasan tabur bunga di Laut Jakarta. (Foto: Dok. Istimewa)

Mengheningkan cipta, pelarungan karangan bunga, sebagai agenda upacara penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan. Lalu dilanjutkan pembacaan doa dan tabur bunga di laut.

6. Berkunjung ke museum atau perpustakaan

Di museum dan perpustakaan ada banyak penjelasan sejarah yang mungkin belum kita ketahui. Banyak aksi para pahlawan yang menginspirasi sehingga mengingatkan kita untuk terus berjuang mengisi kemerdekaan yang telah direbut dengan susah payah.

Museum Sumpah Pemuda (Foto: Helinsa Rasputri/kumparan)

Apalagi saat ini banyak museum dan perpustakaan yang menyajikan konsep kekinian dan lebih modern sehingga tidak membosankan.

---------------------------------------

Simak story menarik lainnya mengenai peringatan Hari Pahlawan dalam topik 10 November 1945.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: