Pencarian populer

5 Teori Konspirasi Soal Pembunuhan John F. Kennedy

John F Kennedy saat pidato (Foto: Giphy.com)

Baru-baru ini Presiden AS, Donald Trump, mengumumkan akan membuka akses dokumen penyelidikan pembunuhan Presiden John F. Kennedy. Pernyataan ini tentu membuat publik penasaran, terlebih dengan banyaknya teori konspirasi tentang kematian JFK yang tewas ditembak 54 tahun lalu.

Ada banyak teori konspirasi yang menyelimuti kasus terbunuhnya John F.Kennedy di Dallas pada tahun 1963 ini. FBI kala itu menyimpulkan Kennedy tewas oleh pembunuh tunggal bernama Lee Harvey Oswald. Saat Arsip Nasional AS merilis 3.100 dokumen terkait pembunuhan tersebut banyak yang tidak percaya pada pernyataan FBI dan meyakini ada teori konspirasi di balik tewasnya Presiden Amerika Serikat ke 35 ini.

Berikut daftarnya:

1. Teori CIA

Banyak yang percaya CIA (The Central Intelligence Agency) adalah pelaku utama di balik terbunuhnya John F. Kennedy. Mereka berspekulasi bahwa lembaga intelijen internasional ini kecewa dengan perubahan yang terjadi di lembaga tersebut. Juga karena Kennedy menolak untuk mengirimkan bantuan udara pada invasi 'Bay of Pigs', sebuah misi yang digerakkan CIA untuk menggulingkan Fidel Castro saat itu.

Mereka juga meyakini CIA tidak ingin Kennedy memberhentikan para agen CIA yang tidak sependapat dengannya. Karena hal tersebut, CIA berniat 'melenyapkan' Kennedy. Sementara nama Harvey Lee Oswald dipercaya menjadi bagian dari rencana CIA.

Badan Intelijen AS, CIA (Foto: AP Photo)

2. Mafia

Teori ini menjelaskan bahwa ada pihak-pihak tertentu yang tidak suka dengan Robert Kennedy, saudara John F.Kennedy yang menjabat sebagai Jaksa Agung selama pemerintahan Kennedy. Teori juga mengatakan ada mafia yang bekerja sama dengan kelompok anti-Castro untuk menjatuhkan kepemimpinan JFK.

Dalam teori ini mereka juga percaya CIA bekerjasama dengan mafia untuk membunuh Kennedy. Kedua organisasi ini dipercaya punya kepentingan untuk menggulingkan Castro.

Dari dokumen yang dibuka pemerintah AS memang menunjukkan bahwa CIA bekerja dengan mafia untuk menggulingkan Castro meski tidak pernah terbukti CIA dan kelompok mafia ini juga menjadi dalang terbunuhnya Kennedy.

3. Teori kelompok buangan

Beberapa percaya bahwa pembunuhan Kennedy dilakukan oleh sekelompok orang buangan Kuba yang melihat invasi 'Bay of Pigs' yang gagal sebagai bukti bahwa Kennedy tidak layak menjadi Presiden.

Antara tahun 1959, ketika Revolusi Kuba membawa Castro berkuasa, popularitas Kennedy di kalangan orang-orang buangan telah sedikit demi sedikit hilang. Pada bulan Oktober 1963, anti-Castro bertemu dengan beberapa pihak untuk membahas rasa frustrasi dengan kepemimpinan Kennedy.

Para ahli teori menduga pertemuan tersebut mungkin merupakan perencanaan pembunuhan Kennedy yang terjadi sebulan kemudian.

4. Teori Lyndon B. Johnson

Lyndon B. Johnson dipercaya terlibat dalam kasus pembunuhan Kennedy. Dalam teori ini dikatakan, Johnson punya banyak motif untuk membunuh Kennedy. Terlebih karena keduanya punya pandangan berbeda soal politik hingga masalah personal.

John Kennedy saat masa kecil. (Foto: Facebook JFKLibrary)

Menurut sebuah memo yang ditulis oleh sekretaris pribadi Kennedy, Evelyn Lincoln, Kennedy memang berencana untuk mengganti Wakil Presiden yang saat itu dijabat Lyncon B. Johnson. Rencana pergantian posisi ini diungkap Kennedy kepada Lincoln pada 19 November 1963, 3 hari sebelum ia tewas ditembak pada 22 November 1963.

5. Teori Soviet

Beberapa ahli percaya pembunuhan Kennedy didalangi oleh Perdana Menteri Soviet kala itu, Nikita Krushchev. Menjelang akhir krisis rudal di Kuba pada 1962, Krushchev dipaksa untuk menghapus rudal balistik yang ia gunakan karena ancaman militer AS terhadap Uni Soviet.

John F. Kennedy (Foto: Reuters)

Teori ini mengatakan hal tersebut menjadi dorongan Krushchev untuk membunuh Kennedy.

Dalam teori Soviet, mereka mengungkap Lee Harvey Oswald adalah mantan marinir AS yang mencoba membelot ke Uni Soviet pada tahun 1950-an.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: