kumparan
15 Apr 2019 22:19 WIB

50 Kotak Suara Pemilu di Cianjur Rusak Akibat Hujan

Sejumlah anggota mengangkut kotak suara Pemilu 2019 keatas Truk di Cianjur, Jawa Barat. Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Fikri
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur, Jawa Barat, mencatat sejumlah kerusakan logistik pemilu akibat hujan, yaitu 50 kotak suara untuk TPS di Kecamatan Haurwangi dan Bojongpicung.
ADVERTISEMENT
Ketua KPU Cianjur, Hilman Wahyudi di Cianjur Senin (15/4), mengatakan tidak ada kerusakan yang ditemukan terhadap surat suara, hanya kotak suara di Kecamatan Haurwangi dan Bojongpicung mengalami kerusakan akibat hujan.
"Kita akan mempercepat pendistribusian hari ini dan mudah-mudahan pendistribusian tersebut dapat selesai pada H-1, sudah diterima di tingkat kecamatan dan desa. Untuk logistik yang rusak akan dikirim pengganti sore ini," katanya seperti dikutip dari Antara.
Sejak tiga hari terakhir, pendistribusian terkendala hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Cianjur. Namun untuk wilayah selatan, seluruh logistik sudah sampai ke titik akhir.
"Sudah hampir tiga hari, Cianjur mengalami cuaca yang ekstrem, sehingga menghambat pendistribusian logistik untuk kebutuhan pemilu terganggu, meskipun tinggal mendistribusikan ke wilayah terdekat utara dan tengah," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Ia menuturkan beberapa wilayah yang belum maksimal dilakukan pendistribusian karena dampak cuaca di antaranya dapil 3, dapil 2 dan dapil 1.
"Meskipun truk sudah sampai ke titik akhir distribusi, namun belum bisa diturunkan karena hujan turun deras dan takut merusak logistik jika dipaksakan, sehingga menunggu hujan reda," katanya.
"Secara teknis dalam pendistribusian logistik kebutuhan pemilu sudah tuntas esok hari, meskipun masih ditemukan beberapa kendala yang tidak terlalu berarti," katanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan