kumparan
27 Mar 2019 5:54 WIB

7 Balai Kota di Jerman Terima Teror Bom Secara Serentak

Balai Kota Göttingen, Jerman, tampak sepi setelah ada teror bom, Selasa (26/3). Foto: Daniel Chrisendo/kumparan
Tujuh balai kota di Jerman secara serentak harus ditutup pada hari Selasa (26/3) pagi waktu setempat. Kantor pemerintahan kota itu ditutup usai menerima teror bom dari orang yang tak dikenal.
ADVERTISEMENT
Ketujuh kota tersebut adalah Göttingen, Augsburg, Kaiserslautern, Chemnitz, Neunkirchen, Heilbronn, dan Rendsburg. Kota-kota tersebut bukanlah kota besar dan hanya berpenduduk kurang dari 300 ribu orang.
Ketujuh balai kota tersebut mendapatkan ancaman bom melalui email yang dikirimkan pada malam sebelumnya, Senin (25/3). Dalam email disebutkan bom akan diledakkan pada pagi hari. Diduga pengirimnya adalah orang yang sama.
Pihak kepolisian mengumumkan melalui Twitter agar warga menjauh dari balai kota serta mengevakuasi para pegawai. Penggunaan jalan juga dialihkan ke jalur yang lebih aman.
Polisi dan anjing pelacak dikerahkan untuk mencari bom. Namun, setelah sampai setengah hari mencari, polisi tidak menemukan bom di ketujuh balai kota tersebut.
Dalam beberapa bulan terakhir, Jerman sering mendapatkan email berisi ancaman bom, pembunuhan, serta kepemilikan senjata api. Ada lebih dari 100 email yang dikirimkan oleh simpatisan kelompok sayap kanan ke politikus, jurnalis, pengacara, lembaga-lembaga terkait, bahkan artis.
ADVERTISEMENT
Sampai sekarang belum jelas apakah ancaman bom yang dikirimkan ke tujuh balai kota tersebut merupakan bagian dari ancaman yang muncul sebelumnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan