Pencarian populer

7 Fakta Menarik soal Kim Jong-un, Si Pemimpin Muda Korea Utara

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, tiba di Pyongyang, Korea Utara. Foto: KCNA via REUTERS

Kim Jong-un menjadi sorotan dunia dalam beberapa tahun terakhir. Negara yang dipimpinnya, Korea Utara, membuat pusing Amerika Serikat karena tidak juga mau melucuti senjata nuklir mereka.

Memimpin Korut sejak kematian ayahnya, Kim Jong-il, pada 2011, Kim Jong-un adalah penerus dinasti Kim yang dianggap manusia setengah dewa di negara itu.

Tapi tidak banyak yang tahu detail soal pemimpin bertubuh tambun dan berpotongan rambut unik ini. Berikut kumparan kumpulkan 7 fakta menarik soal Kim Jong-un yang disarikan dari berbagai sumber.

1. Misteri Tanggal Kelahirannya

pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di hotel Sofitel Legend Metropole di Hanoi, Vietnam, Rabu, (27/2). Foto: REUTERS/Leah Millis

Tidak ada yang tahu kapan pastinya Kim Jong-un lahir. Banyak informasi yang sumir terkait kelahirannya, yaitu 8 Januari atau 6 Juli 1982, atau 1983. Usianya saat ini diduga masih di bawah 40 tahun, pemimpin negara termuda di dunia.

Mengapa dirahasiakan? Berbagai sumber menyebut agar Kim tidak dianggap anak kecil. Lihat saja penampilannya, berbau safari, berambut klimis, dan gaya penuh wibawa. Kim disebut ingin meniru persona kakeknya, Kim Il-sung sang pendiri negeri.

2. Dioperasi Plastik?

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un duduk di kendaraannya setelah tiba di stasiun kereta Dong Dang, Vietnam, Selasa (26/2). Foto: REUTERS/Athit Perawongmetha

Agar lebih mirip kakeknya, Kim Jong-un dirumorkan menjalani beberapa kali operasi plastik. Rumor ini diembuskan seorang pembelot Korut yang kini tinggal di Korea Selatan, Kim Yoo-Sung.

Melalui bukunya "Ask A North Korean", Kim Yoo-sung mengatakan ada operasi plastik di Korea Utara dan pejabat-pejabat negara yang berduit melakukannya, termasuk Kim Jong-un. Kim melakukan itu agar semakin mirip Kim Il-sung.

Biasanya rumor recehan seperti ini tidak memicu tanggapan dari pemerintah Korut. Namun rumornya berkembang liar sehingga rezim Kim harus mengklarifikasinya.

"Laporan palsu yang dikeluarkan oleh musuh adalah tindakan kriminal yang kecil, yang tidak bisa ditolerir oleh partai, negara, tentara, dan rakyat," kata pemerintah Korut melalui kantor beritanya KCNA.

3. Sekolah di Swiss

Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong-un. Foto: KNCA/via Reuters

Kim Jong-un menempuh sekolah berkualitas di kota Bern, Swiss, pada 1998 hingga 2000. Ketika itu dia menggunakann nama samaran demi menjaga privasi dan keamanan. Kawan-kawannya dalam wawancara dengan Daily Beast tahun lalu menyebut, Kim sangat lucu dan penyuka olah raga.

Mereka mengatakan Kim tidak pandai dalam pelajaran, tapi piawai bermain basket. Di sekolah internasional itu, dia belajar bahasa Jerman dan Prancis.

4. Pecinta Basket

Ri Sol Ju dan Kim Jong Un menemui Dennis Rodman. Foto: REUTERS

Sejak muda Kim Jong-un adalah penggemar olah raga basket. Menurut kawan-kawan satu sekolahnya di Swiss, tim favorit Kim adalah Chicago Bulls.

Ketika menjadi pemimpin Korut, Kim beberapa kali mengundang bekas atlet Chicago Bulls, Dennis Rodman, ke Pyongyang. Sejak itu, persahabatan Kim dan Rodman sangat erat.

5. Gelarnya Sepanjang Kereta

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengucapkan selamat tinggal sebelum naik kereta untuk berangkat ke Korea Utara di stasiun kereta Dong Dang di Vietnam. Foto: Reuters/Kim Kyung-Hoon

Seperti kakek dan ayahnya, Kim Jong-un punya banyak gelar jabatan yang disematkan di namanya. Dikutip Reuters pada 2016 lalu, gelar lengkap Kim Jong-un adalah:

"Kamerad Tercinta Terhormat Kim Jong-un, Ketua Partai Pekerja Korea, Ketua Komisi Urusan Negara di Republik Rakyat Demokratik Korea dan Komandan Tertinggi Tentara Rakyat Korea."

Ini belum ditambah berbagai julukan yang menyanjung Kim. Di antaranya "Kamerad brilian", "Jenius di antara yang jenius", atau "Sang Awal Baru".

6. Potongan Rambut Terlarang

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Foto: CCTV via Reuters

Yang menonjol dari sosok Kim Jong-un adalah rambutnya yang unik. Pinggir kanan-kiri hingga belakangnya dipapas habis, sementara bagian atasnya klimis, diduga pakai pomade sehingga terlihat mengkilat.

Gaya rambut ini, sekali lagi, mencontoh kakeknya Kim Jong-il. Namun rambut ini terlarang untuk dicontoh oleh rakyat Korea Utara.

Dikutip Yahoo News, Korut hanya memperbolehkan 28 gaya potongan rambut untuk lelaki dan wanita. Semuanya tidak ada yang mirip gaya Kim Jong-un.

7. Dituduh Bunuh Keluarga Sendiri

Kim Jong Un mengecek kesiapan pasukan Korut. Foto: Reuters

Kim Jong-un memang selalu terlihat tersenyum dalam foto, pipinya yang gempal membuat dia tidak berbahaya. Namun Kim adalah pemimpin negara bersenjata nuklir. Selain itu, dia telah dituduh membunuh keluarganya sendiri yang menentang kepemimpinannya.

Pada 2013, Kim dituduh memerintahkan eksekusi mati Jang Song-thaek, pamannya sendiri. Sejak lama, Jang adalah orang nomor dua pemerintahan Korut. Jang dieksekusi mati atas tuduhan pengkhianatan.

Pada 2017, Kim juga dituduh membunuh abang tirinya Kim Jong-nam. Pembunuhan Kim Jong-nam juga melibatkan warga Indonesia, Siti Aisyah, di bandara Kuala Lumpur, Malaysia. Kim Jong-nam dibunuh dengan racun syaraf tingkat tinggi.

Intelijen Korsel menyebut Kim Jong-un sendiri yang memerintahkan pembunuhan Kim Jong-nam. Namun Korut membantah keterlibatan mereka. Siti Aisyah saat ini masih diadili, sementara tersangka lainnya dari Korut berhasil kabur.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23