kumparan
18 Sep 2019 15:25 WIB

Aceh Besar Kekeringan, Polisi Diminta Tindak Pelaku Illegal Logging

Aceh Besar kekeringan, polisi diminta tindak tegas Pelaku Penebang Liar. Foto: Dok. Istimewa
Kabupaten Aceh Besar kini sedang dilanda kekeringan. Sumber mata air di kawasan Mata-ie, Kecamatan Darul Imarah, yang digunakan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala untuk menyuplai air bersih ke rumah warga, bahkan tak lagi mengeluarkan air.
ADVERTISEMENT
Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, saat berkunjung ke lokasi mengatakan sumber mata air yang mengalami kekeringan tersebut diakibatkan musim kemarau. Dampaknya, banyak pelanggaran PDAM Tirta Mountala yang tidak tersuplai air bersih.
“Kekeringan ini akibat dari titik puncak musim kemarau tahun 2019. Kita sudah sampai pada puncak musim kemarau, dan berdasarkan perkiraan dalam 2 hari ke depan insyaallah akan turun hujan," katanya, Rabu (18/9).
Aceh Besar kekeringan, polisi diminta tindak tegas Pelaku Penebang Liar. Foto: Dok. Istimewa
Mawardi Ali mengimbau seluruh masyarakat Aceh Besar untuk mengadakan salat Istisqa dan doa bersama meminta hujan, baik di masjid maupun musala desa masing-masing.
"Kami mengimbau agar masyarakat bisa melaksanakan salat minta hujan, semoga Allah menurunkan hujan, agar kita bisa menikmati kembali air bersih," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu pemerintah Aceh Besar meminta kepolisian lebih serius menangani kasus kejahatan illegal logging. Menurut Mawardi, kekeringan yang terjadi juga diakibatkan aktivitas penebangan liar dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.
"Dengan maraknya penebangan liar seperti di Seulimum, Jantho, Lamteuba, Lhoong, dan Leupung, maka terjadilah seperti sekarang ini (kekeringan). Kami minta Pemerintah Aceh dan Polda Aceh bisa menuntaskan secepat mungkin, karena wilayah kekuasaan pemerintah kabupaten sangat terbatas dalam hal ini," ungkapnya.
Aceh Besar kekeringan, polisi diminta tindak tegas Pelaku Penebang Liar. Foto: Dok. Istimewa
Direktur PDAM Tirta Mountala, Sulaiman Husen, mengatakan akibat dari kekeringan tersebut pihaknya kini sedang mengupayakan alternatif lain dalam menyuplai air bersih ke rumah-rumah warga
"Pelanggan PDAM Tirta Mountala di kawasan Darul Imarah ada sekitar 13000 pelanggan, sebagian mampu dibantu suplai air melalui Water Treatment Plant (WTP) Lambaro, Aceh Besar," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan