Pencarian populer

ACT Kirim 1000 Ton Beras Terbaik Indonesia untuk Pengungsi Suriah

Seribu Ton Beras Dikirimkan Untuk Pengungsi Suriah (Foto: Ade Nurhaliza/kumparan)
Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengirimkan bantuan berupa 1.000 ton beras untuk pengungsi Suriah. Bantuan itu dikirimkan dengan Kapal Kemanusiaan Suriah (KKS) yang diberangkatkan dari Pelabuhan Belawan, Medan, menuju Iskenderun, Turki, untuk selanjutnya dibawa ke Suriah.
ADVERTISEMENT
Pelepasan keberangkatan KKS tersebut dihadiri oleh Senior Vice Presiden ACT, Imam Akbari; Direktur PT Pelindo I, Syahputra Sembiring; Direktur PT Samudera Indonesia Logistik Kargo, Puspito Budi Winarko; Kepala BPBD Sumut, Riadil Akhir Lubis; dan Staf Ahli Menteri Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Kementerian Pertanian, Mat Syukur.
Seribu Ton Beras Dikirimkan Untuk Pengungsi Suriah (Foto: Ade Nurhaliza/kumparan)
Pengiriman bantuan ini merupakan respons terhadap krisis kemanusiaan yang masih melanda pengungsi Suriah hingga saat ini. Konflik yang sudah menahun ini menjadi penyebab pengungsi sulit memenuhi kebutuhan pokoknya, khususnya kebutuhan pangan.
Menurut Senior Vice President ACT Imam Akbari, pengiriman bantuan ini merupakan bukti keseriusan masyarakat Indonesia dalam membantu saudara-saudaranya yang menjadi korban krisis kemanusiaan di Suriah.
"Konflik Suriah masih menjadi masalah kemanusiaan terbesar hingga detik ini. Hal itu cukup melumpuhkan sendi-sendi kehidupan masyarakat Suriah. Krisis pangan menjadi salah satu dampaknya," ujar Imam saat melepas keberangkatan KKS, di Pelabuhan Belawan, Medan, Sabtu (21/4).
ADVERTISEMENT
Ia menyebut bahwa beras yang dikirimkan sebagai bantuan ke Suriah itu merupakan beras terbaik Indonesia. Seribu ton beras yang dikirim untuk pengungsi Suriah ini dipanen oleh petani Aceh saat panen raya pada awal bulan Maret lalu. Bulir-bulir padi berkualitas tersebut kemudian dikemas dalam puluhan ribu karung beras yang selanjutnya dimuat dalam 40 kontainer.
Seribu Ton Beras Dikirimkan Untuk Pengungsi Suriah (Foto: Ade Nurhaliza/kumparan)
"InsyaAllah segala kebaikan warga Indonesia akan berbuah kebaikan kepada rakyat Indonesia sendiri," ujar dia.
Setibanya di Turki nanti, bantuan beras ini akan didistribusikan kepada para pengungsi Suriah yang tinggal di sepanjang perbatasan Turki-Suriah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80