kumparan
15 Mar 2019 17:34 WIB

Alvara Prediksi Hanya 5 dari 16 Partai yang Lolos di Pileg 2019

Suasana Rapat Paripurna ke-12 Penutupan Masa Sidang III DPR RI Tahun 2018-2019 di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Jakarta, Rabu (13/2). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Lembaga survei Alvara merilis survei teranyarnya terkait pemilu April 2019 mendatang. Dalam rilis tersebut, Alvara memprediksi hanya lima partai yang lolos parlemen. Sedangkan 11 lainnya, terancam tak lolos.
ADVERTISEMENT
Lima partai tersebut secara beruntung dari elektabilitas terbesar adalah PDIP (28,6 persen), Gerindra (18,1 persen), Golkar (9,5 persen), PKB (7,5 persen), dan Demokrat (5,5 persen). Kelolosan lima partai tersebut karena elektabilitasnya melebihi ambang batas parlemen atau Parliamentary Threshold (PT) sebesar 4 persen.
"Sudah ada lima partai yang dipastikan lolos yakni PDIP, Gerindra, PKB, Golkar, Demokrat," kata Founder dan CEO Alvara, Hasanuddin Ali, di Oria Hotel, Jakarta Pusat, Jumat (15/3).
Survei elektabilitas partai politik. Foto: Dok. Alvara
Sementara itu, untuk partai yang diprediksi tak lolos karena belum melewati ambang batas parlemen adalah PKS (3,7 persen), NasDem (3,2 persen), PPP (3,1 persen), PAN (2,1 persen), dan Perindo (1,5 persen).
"Kemungkinan dari 5 partai itu yang di level tengah ini mungkin hanya 3 atau 4 yang berhasil lolos ke Senayan. Jadi sekitar 8 atau 9 partai saja yang lolos nanti. Berada di Senayan," sambungnya.
Ilustrasi caleg berstatus PNS Foto: Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan
Sementara itu, enam partai lainnya yang tidak diprediksi lolos yakni PSI, Garuda, PBB, Berkarya, PKPI, dan Hanura.
ADVERTISEMENT
Hasanuddin menyebut angka elektabilitas partai tersebut didapatkan setelah dalam beberapa bulan terakhir, partai-partai berusaha menggaet pemilih dengan melakukan kampanye di sejumlah titik.
Adapun upaya yang bisa dilakukan partai-partai untuk menggaet suara, Hasanuddin menuturkan, performa caleg menjadi salah satu kunci mendongkrak suara dari partai menengah untuk lolos parlemen.
"Kuncinya cuma satu bagi partai kelas menengah adalah performa dari caleg itu jadi faktor kunci partai-partai itu lolos ke empat persen Senayan. Dan kalau kita lihat hampir semua caleg kerja keras di dapil baik segi campaign dan blusukan. Jadi salah satu kunci itu caleg. Enggak ada pilihan," ujarnya.
Survei Alvara tersebut digelar pada 22 Februari-2 Maret 2019. Riset menggunakan multistage random sampling dengan melakukan wawancara terhadap 1.201 responden yang berusia 17 tahun ke atas dan memiliki hak pilih. Rentang margin of error sebesar 2,88 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan