Pencarian populer

Amien Rais Sambangi KPK: Mau Ketemu Agus Rahardjo

Amien Rais sambangi Gedung KPK, Senin (29/10). (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyambangi gedung KPK. Ia mengaku kedatangannya itu adalah untuk bertemu dengan Ketua KPK Agus Rahardjo.
ADVERTISEMENT
Amien tiba di gedung KPK sekitar pukul 13.55 WIB dengan didampingi Waketum Gerindra Ferry Juliantono. Amien yang datang mengenakan baju muslim berwarna putih itu langsung berjalan masuk menuju lobi gedung KPK tanpa banyak berkomentar.
"Mau ketemu Agus Rahardjo (Ketua KPK)," ujar Amien Rais di gedung KPK, Senin (29/10).
Amien sebelumnya melontarkan keberatannya atas adanya pencegahan yang dilakukan KPK terhadap Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Amien menilai KPK melakukan tebang pilih dalam penegakan hukum.
Menurut Amien, banyak kasus korupsi besar dari proyek yang nilainya mencapai triliunan tapi hanya sekadar pencegahan, tidak ada tindakan hukum.
“Jadi saya mengingatkan langsung Saudara Agus Rahardjo (Ketua KPK Agus Rahardjo, -red), tolong nanti sampaikan, Anda telah melakukan sebuah penjungkirbalikan yang luar biasa dalam hal menerapkan keadilan,” kata Amien dalam diskusi di DPR bertajuk ’Menuntut Penegakan Hukum atas Dugaan Korupsi Pejabat-pejabat Tinggi Negara'.
Ketua KPK, Agus Rahardjo, di Gedung KPK, Rabu (29/08/2018). (Foto: Nadia K Putri)
Ia lantas menyebut ada sejumlah kasus besar yang malah tidak diusut oleh KPK. Termasuk di antaranya terkait proyek Reklamasi Teluk, proyek Meikarta hingga proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. "Agus Rahardjo, anda jangan tebang pilih. Yang kecil dihukum, yang gede-gede dibiarkan," ujar dia.
ADVERTISEMENT
Ia lantas menyinggung soal adanya pencegahan yang dilakukan KPK terhadap Taufik Kurniawan. Amien merasa pencegahan terhadap politikus PAN itu mencerminkan ketidakadilan KPK dalam hal penegakan hukum korupsi. Atas dasar itu, Amein berencana mendatangi KPK siang ini.
“Mari kita ke KPK. Mari kita hari ini menyampaikan kebenaran kepada Saudara Agus Rahardjo,” ujar dia.
Secara terpisah, juru bicara KPK Febri Diansyah mempersilakan Amien Rais untuk berkunjung ke kantor lembaga antirasuah itu. Namun, ia menegaskan bahwa proses hukum yang berjalan di KPK tidak akan terpengaruh.
"Kami harap jika ada pihak-pihak yang berkepentingan dengan penanganan perkara di KPK silahkan tempuh jalur hukum, jangan sampai ada intervensi politik terhadap kerja KPK," ujar Febri.
Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah memberikan keterangan pers di Gedung KPK, Jakarta, Senin (8/10). (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Terkait pelarangan ke luar negeri terhadap Taufik Kurniawan yang dipermasalahkan oleh Amien Rais, Febri menegaskan bahwa hal tersebut kewenangan penyidik. "Jangan jika ada kolega separtai yang terkena proses hukum kemudian lembaganya yang dipersoalkan," kata Febri.
ADVERTISEMENT
"Jadi, kami sarankan agar KPK tidak ditarik ke ranah politik. Karena proses hukum dalam kasus ini, termasuk pelarangan ke luar negeri adalah bagian dari proses hukum penanganan kasus korupsi," imbuh dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86