kumparan
7 Des 2018 10:24 WIB

Analisis Gempa 5,0 M yang Guncang Sukabumi dan Lebak

Gempa di Lebak, Banten (ilustrasi). (Foto: Muhammad Faisal Nu'man/kumparan)
Gempa berkekuatan 5,0 magnitudo mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pukul 06.43 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, gempa berkedalaman dangkal ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia.
ADVERTISEMENT
"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (thrust fault)," ujar Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/12).
Gempa ini juga dirasakan hingga Pelabuhan Ratu dan Pandeglang, Banten. Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan ataupun korban jiwa akibat gempa ini.
Gempa juga tidak berpotensi tsunami. Dan melalui hasil monitoring BMKG, belum ada aktivitas gempa susulan.
Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak mempercayai informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya terkait gempa ini.
Sebelumnya, BMKG lewat akun Twitternya telah merilis adanya gempa yang mengguncang Lebak, Banten. Gempa di Lebak juga berkekuatan 5,0 magnitudo dan terjadi pada pukul 06.43 WIB.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan