• 0

Anas Minta Warga Banyuwangi yang Tinggal di Papua Jadi Duta Daerah

Anas Minta Warga Banyuwangi yang Tinggal di Papua Jadi Duta Daerah


Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Papua

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Papua (Foto: Dok. Humas Pemkab Banyuwangi)
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menghadiri acara temu kangen Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) Papua, di Jayapura, Papua. Peserta acara temu kangen ini merupakan warga Banyuwangi yang sudah menetap di Jayapura selama 30 tahun lebih.
Dalam sambutannya, Anas mengatakan, meski sudah puluhan tahun meninggalkan Banyuwangi, ikatan antarwarga Banyuwangi tetap kuat.
"Meski sudah puluhan tahun meninggalkan Banyuwangi, rasa cinta Banyuwangi-nya bukannya surut atau hilang, melainkan tambah membesar. Kita semua bangga," ucap Anas dalam keterangan yang diterima kumparan (kumparan.com), Minggu (21/1).
Anas mengatakan, keberadaan warga Banyuwangi di manapun berperan penting dalam kemajuan daerah. Sebab, di mana pun mereka berada, mereka bisa menjadi duta pemasaran bagi wisata dan produk UMKM Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Papua

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Papua (Foto: Dok. Humas Pemkab Banyuwangi)
"Misalnya, produk UMKM Banyuwangi dikirim ke sini lalu dipasarkan. Tentu harus dipetakan pasarnya, mana yang cocok dan dibutuhkan di sini. Kalau ini dilakukan, artinya Bapak, Ibu turut membantu pembangunan Banyuwangi," jelas Anas.
Meski demikian, Anas juga meminta kepada warga Banyuwangi yang tinggal di Papua untuk turut ikut mengembangkan wilayah timur Indonesia tersebut. Ia meminta agar warganya itu mau untuk mendukung program-program pembangunan di Papua.
"Warga Banyuwangi wajib mendukung pembangunan Papua, apalagi sekarang Presiden Jokowi menaruh perhatian luar biasa besar ke Papua," tuturnya.
Acara temu kangen juga dihadiri Staf Khusus Gubernur Ikick Sisworo, Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, anggota Masyarakat Rakyat Papua Victor Tony Wanggai, Ketua Ikawangi Papua Sarminanto.
Sekadar informasi, saat ini sekitar 11 ribu warga Banyuwagi tinggal di Papua. Sementara itu, tiga ribu warganya tinggal di Jayapura.

NewsPapuaBanyuwangiAzwar Anas

500

Baca Lainnya